Portal:Eurovision/Artikel pilihan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Artikel pilihan[sunting sumber]

Biasanya, bagian Artikel Pilihan digunakan untuk memilih artikel terbaik dari semua artikel, yang berkaitan dengan topik.

Penggunaan[sunting sumber]

  1. Pilih salah satu artikel terbaik, masukkan ke subhalaman selanjutnya.
  2. Update "max=" untuk jumlah terbaru ke dalam Random Portal Component di halaman utama.

Daftar artikel terpilih[sunting sumber]

Kontes Lagu Eurovision 2010[sunting sumber]

Lena menampilkan "Satellite" untuk Jerman.

Kontes Lagu Eurovision 2010 adalah kontes ke-55 yang diselenggarakan oleh anggota European Broadcasting Union yang aktif. Kontes ini diselenggarakan di Telenor Arena, Bærum, di dekat Oslo, Norwegia. Sepanjang sejarah, ini adalah kali ketiga Norwegia menjadi tuan rumah Kontes Lagu Eurovision, setelah tahun 1986 dan Kontes Lagu Eurovision 1996. Pemenangnya adalah Lena dengan lagunya yang berjudul "Satellite". Ini adalah kemenangan pertama Jerman yang diraih setelah 28 tahun, dan kemenangan pertama sebagai negara bersatu. Ini juga membuat rekor baru, yaitu negara yang masuk Empat Besar pertama yang dapat memenangkan kontes ini, setelah peraturan tentang Empat Besar ditetapkan pada tahun 2000. Penyiar tuan rumah kontes ini adalah NRK, yang dikabarkan terpaksa menjual hak siar Piala Dunia karena krisis ekonomi.

Céline Dion[sunting sumber]

Céline Dion sedang tampil di salah satu acara.

Céline Marie Claudette Dion atau lebih dikenal dengan Celine Dion merupakan seorang penyanyi dan diva pop dunia berkebangsaan Kanada. Ia memulai debutnya di industri rekaman pada tahun 1981 sebagai penyanyi berbahasa Prancis, di bawah bimbingan René Angélil, yang kemudian menjadi suaminya sampai sekarang. Ia pun kemudian menjadi penyanyi terkenal di negara-negara berbahasa Prancis. Pada tahun 1990, Celine mulai merilis album berbahasa Inggris pertamanya, Unison yang melejitkan namanya di Amerika Utara dan di seluruh dunia. Sepanjang dekade 1990-an, Celine meraih kesuksesan di seluruh dunia dengan sejumlah album dalam bahasa Inggris dan Prancis, menjadikannya salah satu artis tersukses dalam sejarah musik pop. Sebelum itu semua, ia memenangkan Kontes Lagu Eurovision 1988 dengan lagunya Ne partez pas sans moi (berbahasa Prancis).

Kontes Lagu Eurovision 2011[sunting sumber]

Eurovision Song Contest 2011 logo.png

Kontes Lagu Eurovision 2011 adalah kontes yang menjadi Kontes Lagu Eurovision ke-56. Kontes ini akan diadakan di Jerman, menyusul keberhasilan Lena Meyer-Landrut yang menjadi juara dalam kontes ini pada tahun 2010 di Oslo, Norwegia. Babak semifinal untuk kontes ini sudah ditetapkan, yaitu pada tanggal 10 Mei dan 12 Mei, di mana babak Grand Final akan diselenggarakan pada tanggal 14 Mei 2011. Sudah di luar perkiraan bahwa 43 negara sudah terkonfirmasi untuk mengikuti kompetisi ini, termasuk Bendera Austria Austria yang kembali mengikuti kontes ini, setelah partisipasi terakhirnya dalam penyelenggaraan tahun 2007, Bendera Italia Italia, yang berpartisipasi terakhir kalinya pada tahun 1997, dan juga Bendera San Marino San Marino, yang berpartisipasi terakhir kalinya pada tahun 2008, termasuk juga diantaranya Bendera Hongaria Hungaria yang terakhir mengikuti kontes pada tahun 2009. Kontes ini diselenggarakan di Espirit Arena, Düsseldorf, Jerman dan dibawakan oleh Anke Engelke, Judith Rakers, dan Stefan Raab.