Porr

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
PORR Group
Aktiengesellschaft
IndustriKonstruksi
Didirikan1869 (dengan nama Allgemeine österreichische Baugesellschaft)
Kantor
pusat
Wina, Austria
Tokoh
kunci
Karl-Heinz Strauss (CEO)
Pendapatan3,4 milyar Euro (2013)
Karyawan
13.878 (2015)[1]
Situs webhttps://porr-group.com/en/
Kantor Porr di Munich (Jerman)

Porr Group (biasa ditulis PORR) adalah sebuah perusahaan konstruksi yang berkantor pusat di Wina. Perusahaan ini merupakan kontraktor dalam negeri terbesar di Austria.[2] Namun secara global, Porr menempati peringkat kedua di antara kontraktor asal Austria lain. Porr menyediakan jasa di semua sektor industri konstruksi. Perusahaan ini mengerjakan berbagai macam proyek teknik sipil di Austria dan luar Austria, mulai dari pembangunan jalan, terowongan dan bangunan bawah tanah khusus, hingga konstruksi bangunan, termasuk pengembangan proyek hingga teknik lingkungan dan manajemen fasilitas.

Porr AG didirikan pada tahun 1869 sebagai sebuah perusahaan publik dengan nama Allgemeine österreichische Baugesellschaft, sehingga membuat Porr sebagai perusahaan publik tertua di Austria.[3] Nama Porr berasal dari nama seorang teknisi bangunan, Arthur Porr, salah satu pendiri A. Porr Betonbauunternehmung yang digabung dengan Allgemeine österreichische Baugesellschaft pada tahun 1927.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Allgemeine österreichische Baugesellschaft didirikan pada tahun 1869 di Wina.[4] Pada tahun yang sama, perusahaan tersebut menjadi perusahaan pertama yang melantai di Bursa Saham Wina dan membangun sejumlah bangunan di Jalan Lingkar Wina pada abad ke-19, seperti House of the Industry di Schwarzenbergplatz. Pada tahun 1873, perusahaan ini membangun tujuh paviliun pameran dan sejumlah hotel untuk World Exposition di Wina.

Arthur Porr, seorang pelopor konstruksi beton mendirikan A. Porr Betonbauunternehmung Gesellschaft mbH bersama O. Stern pada tahun 1908.

Pada tahun 1927, kedua perusahaan tersebut resmi bergabung untuk membentuk Allgemeine Baugesellschaft - A. Porr AG. Pada tahun 1930, perusahaan ini menjadi pelopor dengan membangun Jalan Alpen Tinggi Großglockner. Pada periode antar perang, perusahaan ini membangun sejumlah pembangkit listrik, jalan, rel, dan pabrik. Selama pendudukan pasca Perang Dunia II, perusahaan ini dimiliki oleh USIA-Betrieben.

Perusahaan ini kemudian membangun sejumlah bangunan ikonik, seperti Ringturm di Wina pada tahun 1960. Perusahaan ini lalu juga dipercaya menggarap sejumlah proyek strategis nasional. Pada tahun 1973, perusahaan ini membangun Vienna International Center. Pada dekade 1980-an, perusahaan ini mengembangkan bisnisnya ke Eropa Tengah dan Eropa Timur. Pada tahun 2000, perusahaan ini menjadi pemilik saham mayoritas Teerag-Asdag AG, kontraktor jalan paling penting di Austria.

Pada tahun 2008, perusahaan ini telah eksis di 16 negara di Eropa. Pada tahun 2009, Renaissance Group asal Turki membeli 10,22% saham perusahaan ini. Keduanya lalu mendirikan sebuah joint venture dengan nama Porr Construction Holding. Walaupun telah berekspansi ke luar Austria, 70% pendapatan perusahaan ini masih berasal dari proyek di Austria, sementara sisanya berasal dari proyek di Jerman, Swiss, dan Eropa Timur.[4]

Sejak bulan September 2010, Karl-Heinz Strauss[5] menjadi CEO Porr.[6] Pada saat itu, perusahaan ini telah direstrukturisasi besar-besaran. Pada tahun 2011, perusahaan ini mengambil alih saham Teerag-Asdag yang dipegang oleh Wiener Stadtwerke, sehingga perusahaan ini menjadi pemilik tunggal Teerag-Asdag. Pada bulan Desember 2016, direksi perusahaan ini mengumumkan keputusannya untuk membeli Pabrik Semen, Dolomit, dan Kapur Treves di Wellen.[7] Pada tahun 2012, Bank Austria menjual 38% saham perusahaan ini yang dipegangnya ke Karl-Heinz Strauss dengan harga sekitar 80 juta euro, sehingga Strauss menjadi pemegang saham individual terbesar, yakni 44%.[8] Kemudian, Strauss & Partner, yang didirikan pada tahun 2008, dan mengoperasikan sejumlah proyek, seperti Euro Plaza di Wienerberg dan Monte Laa, dimasukkan ke dalam perusahaan ini.[5][9][10] Pada tahun 2013, nama perusahaan ini diubah menjadi PORR AG.

Pada bulan Juli 2014, Porr meningkatkan kepemilikan sahamnya di UBM dari 41,33% menjadi 50% lebih.[11]

Struktur perusahaan[sunting | sunting sumber]

PORR AG
Aktiengesellschaft
IndustriKonstruksi
Didirikan1869
Kantor
pusat
Wina, Absberggasse 47
Tokoh
kunci
Karl-Heinz Strauss (CEO)
Pendapatansekitar 57 juta EUR (estimasi, 2014)[12]
Karyawan
335 (2015)[13]
Situs webwww.porr-group.com

PORR AG bertindak sebagai perusahaan induk.[12]

Perusahaan utama di dalam grup ini adalah Porr Bau untuk konstruksi bangunan dan Teerag-Asdag untuk teknik sipil, baru kemudian anak usaha, seperti Porr Deutschland.

Berikut sejumlah unit bisnis Porr:

  • Unit Bisnis 1 - DACH: menangani konstruksi bangunan dan teknik sipil di Jerman, Austria, dan Swiss
  • Unit Bisnis 2 - Eropa Tengah dan Timur/Eropa Tenggara: menangani konstruksi bangunan dan teknik sipil di Eropa Tenggara
  • Unit Bisnis 3 - Internasional: menangani joint venture dengan Renaissance Group dan fokus pada proyek Qatar dan Arab Saudi
  • Unit Bisnis 4 - Infrastruktur: menggabungkan keahlian Porr untuk membangun terowongan, pondasi, rel kereta api, jalur pipa, pembangkit listrik, dan proyek besar lain.
  • Unit Bisnis 5 - Teknik lingkungan: meliputi semua bisnis lingkungan dari Porr Group
  • Unit Bisnis 6 - Lahan yasan: bersama dengan Strauss & Partner[9] dan Porreal melayani semua aspek pengembangan dan operasi lahan yasan

Jangkauan layanan[sunting | sunting sumber]

Porr melayani semua tahapan pada proses konstruksi, mulai dari perancangan, pendanaan, pembangunan, pengoperasian, dan perawatan.

Konstruksi bangunan[sunting | sunting sumber]

Meliputi pembangunan hotel, kampus, apartemen, perkantoran, fasilitas kesehatan, pabrik, stadion sepakbola, serta revitalisasi bangunan bersejarah.

Teknik sipil[sunting | sunting sumber]

Meliputi perancangan terowongan, jembatan, rel kereta api bawah tanah, rel kereta api, pembangkit listrik, pabrik, dan jalan raya di Austria maupun di luar Austria. Porr juga memegang sejumlah paten, antara lain salah satu sistem terowongan dan rel kereta api paling canggih, serta metode khusus untuk remediasi lingkungan dan pengolahan limbah berbahaya.

Teerag-Asdag AG menangani semua proyek teknik sipil dan jalan yang digarap oleh Porr di Austria.

Infrastruktur[sunting | sunting sumber]

Porr telah membangun sejumlah infrastruktur sejak pertama kali didirikan, antara lain terowongan, jembatan, rel kereta api bawah tanah, rel kereta api, dan juga rel kereta api tanpa balast. Selain itu, Porr juga membangun pabrik, pondasi bangunan, jalur pipa, jalan, dan lain sebagainya.

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Porr telah mendirikan sejumlah anak usaha untuk menangani pengembangan proyek, salah satunya Strauss & Partner Development GmbH yang fokus pada pengembangan proyek infrastruktur, energi, kesehatan, dan pariwisata.[9][10] Perusahaan ini aktif di Austria dan Jerman.

Sementara Porreal Immobilien Management GmbH menyediakan layanan manajemen lahan yasan, serta mengelola semua properti milik Porr.

Sedangkan UBM Realitätenentwicklung AG fokus pada pengembangan dan konstruksi bangunan di Eropa Tengah dan Timur.

Teknik lingkungan[sunting | sunting sumber]

Porr Umwelttechnik GmbH yang didirikan pada tahun 1990 fokus pada teknik perlindungan lingkungan, serta mengembangkan dan mengimplementasikan inovasi pada bidang perencanaan, pendanaan, konstruksi, dan operasi bangunan agar lebih ramah lingkungan.

Proyek[sunting | sunting sumber]

Berikut sejumlah proyek besar Porr:

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Group reports, retrieved 20. May 2016
  2. ^ Porr-Zentrale wird verkauft, Standard, retrieved 23. December 2014
  3. ^ Porr spaltet Immobiliengeschäfte ab: PIAG notiert ab heute an der Wiener Börse, Wiener Börse News, retrieved 10. December 2014
  4. ^ a b Porr, Allgemeine Baugesellschaft A. Porr AG dalam Austria-Forum (dalam bahasa Jerman)  (at AEIOU)Österreich-Lexikon).
  5. ^ a b Lebenslauf GD Ing.
  6. ^ Porr AG: Erstes Pressegespräch mit Karl-Heinz Strauss in neuer Funktion, APA, OTS0139, 15. September 2010.
  7. ^ Christian Kremer: Kommt Stuttgart 21 in Wellen unter die Erde? 19. December 2011
  8. ^ Porr-Chef kauft Porr, diepresse.com, 17. July 2012
  9. ^ a b c Unternehmensseiten Strauss & Partner Development GmbH.
  10. ^ a b Firma STRAUSS & PARTNER Development GmbH in Wien.
  11. ^ Namun akuisisi ini masih harus menunggu persetujuan dari otoritas pengaturan kompetisi.
  12. ^ a b Firma PORR AG in Wien Diarsipkan 2014-04-07 di Wayback Machine..
  13. ^ Yearly Financial Statement 2015 (German), retrieved 20. May 2016