Pondok Pesantren Darussalam Saran Kabun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pondok Pesantren Darussalam Saran Kabun
Alamat
Dusun Saran Kabun, Desa Kabun, Kecamatan Kabun

,
Situs webPP Darussalam Saran Kabun
Informasi
JenisPondok pesantren
Didirikan1956
PendiriBuya H. Aidarus Gani
PengasuhBuya H. Alaiddin Athari Aidarus
Lain-lain
Moto

Pondok Pesantren Darussalam Saran Kabun, sebelumnya bernama Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Darussalam Batu Bersurat, adalah pondok pesantren yang terletak di Kabun, Rokan Hulu. Lembaga pendidikan Islam ini didirikan oleh Buya H. Aidarus Gani, putra Syekh Abdul Gani Batu Bersurat dan tokoh Persatuan Tarbiyah Islamiyah di Riau.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Syekh Aidarus pertama kali membuka sekolah agama di Batu Bersurat, Kampar pada 9 Juli 1956 dengan nama Sekolah Tarbiyah Islamiyah (STI) Darussalam mengadopsi nama almamaternya Dayah Darussalam Labuhan Haji. STI Darussalam kemudian berganti nama menjadi Madrasah Tarbiyah Islamiyah (MTI) Darussalam pada 1958.[1][2]

Pada 1995, Batu Bersurat menjadi salah satu desa yang akan terendam dalam pembangunan PLTA Koto Panjang, sehingga Pondok Pesantren Darussalam dipindahkan ke Saran Kabun, salah satu dusun di Kabun.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kaum Santri dari Kampar: "Sempena Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020"". Tarbiyah Islamiyah. 24 Oktober 2020. Diakses tanggal 6 Maret 2022. 
  2. ^ "Mengenal Syekh Aidarus Abdul Ghany, Ulama Thariqat Dari Kampar". BRNews. 3 Mei 2017. Diakses tanggal 6 Maret 2022. 
  3. ^ "Gubri dan Danrem 031 Wirabima Akan Hadiri Haul Abuya Syec.H.Aidarus Abdul Ghani ke 28". Pesisir News. 26 September 2017. Diakses tanggal 6 Maret 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]