Pondok Pesantren Daarun Nahdhah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pondok Pesantren Daarun Nahdhah
Alamat
Jl. Letkol Syarifuddin Syarif, Desa Muara Uwai, Kecamatan Bangkinang

,
Situs webPPDN Thawalib Bangkinang
Informasi
JenisPondok pesantren
Didirikan1923
Pendiri
PengasuhBuya H. Rusydi Nur
Lain-lain
Moto

Pondok Pesantren Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang, disingkat PPDN-TB, adalah pondok pesantren yang terletak di Bangkinang, Kampar. Lembaga pendidikan Islam ini pertama kali berdiri sebagai madrasah pada 1923 oleh Syekh Abdul Malik, lalu diteruskan oleh Buya H. Muhammad Nur Mahyuddin pada 1948.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 1923, Syekh Abdul Malik mendirikan perguruan Islam di Bangkinang dengan nama Madrasah Daarul Muallimin. Madrasah ini menampung banyak santri di Kampar sampai 1942, saat Jepang mulai berkuasa di Hindia Belanda sehingga kegiatan pengajaran terpaksa dihentikan.[1]

Enam tahun setelah ditutupnya Madrasah Daarul Muallimin, Buya H. Muhammad Nur Mahyuddin sebagai murid Syekh Abdul Malik berinisiatif untuk menghidupkan kembali madrasah tempat ia belajar dahulu. Setelah memperoleh mufakat dari alim ulama dan tokoh adat setempat, perguruan Islam didirikan kembali di Muara Uwai dengan nama Daarun Nahdhah Thawalib Bangkinang pada 11 Januari 1948.[2]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Sejarah PPDN-TB". Pondok Pesantren Daarun Nahdhah. 26 Mei 2018. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2022-03-19. Diakses tanggal 15 Maret 2022. 
  2. ^ Hamidy, Umar Usman (1988). Sikap dan Pandangan Hidup Ulama di Daerah Riau. Pekanbaru: Universitas Islam Riau Press. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]