Pompa beton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pompa beton dengan selang yang terlipat
Pompa beton dengan selang yang terbentang dan bekerja sama dengan truk pengaduk beton

Pompa beton adalah alat berat yang digunakan untuk mengalirkan beton dari mobil truk mixer ke lokasi pengecoran. Pompa beton dapat berupa pompa tunggal yang ditarik dengan kendaraan lain, atau kendaraan yang khusus didesain untuk mengangkut pompa tersebut. Jenis pompa beton terdiri dari beberapa macam dan kegunaannya.

  1. Pompa Kodok
  2. Pompa Mini
  3. Pompa Standar
  4. Pompa Long Boom

Pompa Kodok[sunting | sunting sumber]

Pompa Kodok adalah poompa beton desktop. Pompa ini hanya dipakai untuk jangkauan tempat pengecoran mendatar / horisontal.

Pompa Mini[sunting | sunting sumber]

Pompa mini berukuran sama seperti mobil engkel. Dipergunakan untuk tempat yang mobilisasinya tidak masuk mobil besar. Misalnya di jalan-jalan perkampungan, gang yang di depannya bisa menyimpan pompa. Ketinggian jangkauan sekitar 1-2 tingkat gedung.

Pompa-beton-mini.jpg


Pompa Standar[sunting | sunting sumber]

Pompa ini seukuran mobil truk ban double. Dipergunakan untuk jangkauan yang lebih luas dan tinggi sekitar 2-3 tingkat gedung atau ketinggian di bawah 20 meter. Pipa sambungan bisa mencapai 60 meter. Concrete presurenya antara 4 mpa atau 40 bar s/d 7 mpa atau 70 bar

Pompa Long Boom[sunting | sunting sumber]

Pompa ini dipergunakan untuk gedung 5-7 lantai dengan jangkauan 20 meter ke atas. Concrete presurenya antara 8 mpa atau 80 bar s/d 40 mpa atau 400 bar.

Pompa-beton-long-boom.jpg


Pranala luar[sunting | sunting sumber]