Player Number One (Album BLITZEN)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Player Number One
Berkas:BLITZEN Album depan - ALBUM DEPAN.png
Album studio karya BLITZEN
Dirilis23 Februari 2023 (2023-02-23)
Direkam2022-2023
Studio
Genre
Durasi28:52
BahasaInggris
Label
Produser
Kronologi album studio BLITZEN
Player Number One
(2023)
Singel dalam album Player Number One
  1. "What's That About"
    Dirilis: 21 Oktober 2021
  2. "Player Number One"
    Dirilis: 27 November 2022
  3. "Greedy & Wicked"
    Dirilis: 28 Februari 2023
  4. "Dang It"
    Dirilis: 28 Februari 2023
  5. "Heartbreaker"
    Dirilis: 28 Februari 2023
  6. "What Do You Say"
    Dirilis: 28 Februari 2023
  7. "Over & Over Again"
    Dirilis: 28 Februari 2023
  8. "Never Let You Go"
    Dirilis: 28 Februari 2023
  9. "What Do You Say (Accoustic Version)"
    Dirilis: 28 Februari 2023
  10. "Never Let You Go (Accoustic Version)"
    Dirilis: 28 Februari 2023

Player Number One adalah album studio full album pertama dari grup musik wanita asal Indonesia BLITZEN, yang rilis pada 23 Februari 2023 dengan lagu utamanya 'Greedy and Wicked' melalui agensinya, To The Clouds Entertainment. Sebelum perilisan full albumnya, sudah didahului dua singel pra-rilis yaitu 'What's That About?' yang rilis pada 21 Oktober 2021 sebagai lagu debutnya dengan tiga member pertama. Setahun kemudian, BLITZEN merilis singel pra-rilis keduanya yang berjudul 'Player Number One' pada 27 November 2022 sekaligus menjadi nama dari albumnya. BLITZEN akan merilis singel utamanya 'Greedy and Wicked' pada 23 Februari 2023.

Diketahui, setelah debut dengan 3 member, BLITZEN sudah mengumumkan akan merilis album pertama mereka dalam bentuk minialbum. Akan tetapi, terjadi pergantian member dimana dua member awal yang telah debut yaitu Michaela keluar kemudian disusul oleh Yasha. Melalui akun instagram resmi BLITZEN, kemudian diperkenalkan dua member baru yaitu Violla dan Alya. Melalui sebuah unggahan di

Mealui instagramnya, Sazura yang adalah member terakhir yang masih bertahan sekaligus leader dari grup tersebut, mengumumkan mereka akan comeback dengan full album yang akan rilis segera dengan album fisiknya. Pada postingan tersebut juga sekaligus memperkenalkan member baru yang masih misterius, dan belakangan diketahui dia adalah Kaluna. Ada beberapa judul lagu yang dibocorkan pada postingan tersebut yang akan tergabung pada album pertama mereka seperti 'Player Number One', 'What's That About?' (versi terbaru), 'Never Let You Go', dan 'Greedy & Wicked', dan 'What Do You Say'.

Album ini menjadi comeback sekaligus redebut BLITZEN dalam formasi baru dengan ketiga member baru mereka yaitu Violla. Alya, dan Kaluna bersama Sazura setelah debut pertamanya dengan tiga member yatu Sazura, Michaela, dan Yasha dengan lagu debut singel 'What's That About?'. Dalam album pertama mereka, BLITZEN telah merekam 8 lagu dan 2 versi akustik, serta versi terbaru dari lagu pra-rilis 'What's That About?' dengan 4 member. 7 lagu dari album Player Number One diciptakan oleh Sazura dan ditulis oleh Sazura bersama rekannya kecuali 'What That About?'. Album Player Number One dirilis untuk pre-ordernya pada 13 Februari 2023.

Player Number One akan berisikan tiga singel dengan music video yaitu 'What's That About'. 'Player Number One', dan 'Greedy & Wicked' sebagai singel utama bersamaan dengan perilisan full album pada 23 Februari 2023. Album ini dirilis secara penuh di berbagai platform digital dan album fisik dan secara keseluruhan menggunakan bahasa Inggris. Sebelum dirilis, BLITZEN diketahui bertemu dengan Indahkus, salah satu penyanyi solo Indonesia, sehingga sempat dikabarkan mereka akan berkolaborasi pada album perdana mereka. Namun, hal itu tidak terjadi setelah BLITZEN mengumumkan tracklist album mereka yang tidak memuat nama penyanyi solo tersebut.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Setelah resmi debut pada 21 Oktober 2021, BLITZEN mengabarkan bahwa mereka sedang mempersiapkan proyek terbaru mereka untuk comeback selanjutnya di tahun 2022. Sebelum comeback, pada 10 Februari 2022 melalui sebuah poster TTC mengumumkan bahwa akan didahului debut solo salah satu membernya yaitu Michaela. Pada 12 Februari 2022, Michaela sebagai vokalis utama resmi debut solonya dengan lagu 'Losing You'. Lagu tersebut dikompos oleh Sazura dan ditulis oleh Michaela dan Sazura. Beberapa bulan kemudian, Michaela mengumumkan bahwa kontraknya telah berakhir pada 30 Maret 2022 dengan To The Clouds Entertainment dan tidak memperpanjangnya lagi. Setelah keluarnya Michaela, pada 19 Mei 2022 BLITZEN melalui TTC merilis poster dan mengumumkan akan comeback singel kedua mereka lengkap dengan empat member dimana dua member baru telah bergabung, beberapa hari berikutnya, poster member dirilis secara lengkap diantaranya berturut-turut adalah Violla, Alya, Yasha, dan Sazura. Tak berselang lama, belum sempat comeback dan redebut dengan singel kedua bersama member baru, pada bulan Juli 2022 TTC mengumumkan Yasha tidak lagi berpartisipasi pada comeback mendatang dikarenakan masalah kesehatan. Belakangan diketahui singel kedua pada comeback mereka adalah 'Player Number One' yang dikompos oleh Sazura dan ditulis oleh Sazura dan sempat melibatkan Yasha.

Pada tanggal tanggal 15 Agustus, Sazura mengumumkan bahwa BLITZEN akan merilis album pertama mereka dalam bentuk full album yang akan rilis tanpa tanggal dan bulan di tahun 2022 serta berisikan 10 lagu. Beberapa judul lagu dalam album tersebut juga telah dibocorkan seperti 'Player Number One', 'What's That About?' (versi terbaru), 'Never Let You Go', dan 'Greedy & Wicked', dan 'What Do You Say'. Pada postingan tersebut juga memperkenalkan secara misterius member baru yang akan melengkapi formasi BLITZEN dengan empat member. Member baru tersebut berdiri memukau bersama member lain dengan menutupi wajahnya untuk membuat fans semakin penasaran. Sebelum TTC memperkenalkan nama member baru tersebut, namanya secara tiba-tiba terungkap pada laman BLITZEN di wikipedia sebagai Kaluna. Baru di tanggal 17 September 2022, melalui akun youtube To The Clouds Entertainment, member baru diperkenalkan dalam acara 'BLITZEN on BLITZEN' sebagai Kaluna Zeta yang acaranya dibawakan oleh Alya.

Tepat setahun BLITZEN debut, pada tanggal 21 Oktober 2021, TTC memposting foto teaser dari keempat member untuk mengumumkan redebut BLITZEN akan segera dirilis dengan nama album terbarunya 'Player Number One'. Foto teaser tersebut memperlihatkan keempat member dengan outfit serba hitam. Sebulan kemudian, tanggal 20 November TTC memposting poster teaser untuk pra-rilis singel kedua dengan judul yang sama dengan albumnya 'Player Number One'. Singel pra-rilis tersebut akan rilis tanggal 23 November, akan tetapi selalu mengalami kemunduran tanggal hingga kemudian resmi rilis tanggal 27 November 2022. Dua minggu lebih 2 hari kemudian, MV 'Player Number One' sukses mencapai 500.000 penayangan di youtube. Lalu pada tanggal 1 Desember, TTC merilis instrumen dari lagu tersebut dan 2 Desember 2022, TTC merilis Dance Practice dari lagu 'Player Number One'

Pada tanggal 14 Desember, TTC mengumumkan bahwa perilisan album perdana yang dijadwalkan rilis pada Desember 2022 ditunda dikarenakan, salah satu member BITZEN, Sazura terinfeksi COVID-19 sehingga album tersebut baru akan dirilis dan dipromosikan pada awal tahun 2023 di bulan Januari bersamaan MV 'Greedy & Wicked'. Menyusul perilisan album mereka, pada tanggal 2 Januari 2023 BLITZEN merilis poster bahwa BLITZEN akan menjadi bintang tamu pada acara podcast Noice Music Box yang dibawakan oleh Tiffani Afifa, Acara tersebut akan live di Noice Live pada tanggal 3 Januari 2023, dan untuk pertama kali BLITZEN bernyanyi secara live membawakan lagu 'Player Number One' dan juga membocorkan sedikit bagian dari refrain lagu 'Greedy & Wicked". Selanjutnya pada tanggal 4 Januari 2023, TTC mengumumkan dance challange 'Player Number One' yang dimulai dari 5-9 Januari 2023.

Pada tanggal 28 Januari 2023, TTC memposting foto teaser untuk setiap member BLITZEN, tetapi belum mengumumkan tanggal pasti kapan album mereka dirilis. Pada postingan tersebut telihat album fisiknya dengan latar instrumen 'Player Number One'. Kemudian di tanggal 13 Februari 2023, TTC merilis Album Tracklist Preview dari Player Number One dan membuka jadwal pre-ordernya. Pada sebuah postingan foto yang memperlihatkan Violla, TTC secara resmi mengumumkan bahwa album perdana BLITZEN akan rilis pada tanggal 27 Februari 2023. Kemudian secara berturut-turut foto para member diunggah mulai dari Sazura, Alya, dan Kaluna. Pada akhirnya album ful Player Number One secara resmi dirilis bersamaan dengan MV 'Greedy and Wicked' sebagai singel utamanya. Untuk memeriahkan perilisan album mereka, TTC melakukan press conference perilisan album di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel, di Jakarta. Acara tersebut mengundang watermelons (nama fandom BLITZEN) dan juga beberapa grup musik Indonesia lainnya.

Karya seni[sunting | sunting sumber]

Album ini memuat karya seni yang diproduksi dalam bentuk album fisik dan digital maupun music video. Pada cover album Player Number One memuat seni tengkorak bertanduk berwarna merah pekat dengan latar warna hitam. Didepannya tertulis nama album Player Number One berwarna putih dan dibawahnya logo BLITZEN berwarna merah. Edisi album tersebut pertama kali diperlihatkan pada 28 Januari 2023.

Pada MV 'What's That About?' juga memuat beberapa elemen seni musikal tradisional seperti angklung dan juga outfit menyerupai motif kebaya dengan balutan modern pada setiap membernya. Tampak pula peta Indonesia pada layar LED di beberapa scene. MV tersebut juga memasukkan beberapa elemen-elemen alam seperti awan, kilat, dan api.

Pada MV 'Player Number One' mengusung konsep player game dimana setiap adalah karakter game pada suatu permainan. Berbeda dengan MV sebelumnya, MV kedua mereka ini banyak menggunakan CGI. Di dalam MVnya memasukkan karakter gambar Srikandi dan penampakan naga di tanah genting Lot. MV ini juga masih memuat elemen-elemen alam seperti kilat, api, dan air.

Pada MV 'Greedy & Wicked' juga memiliki perbedaan yang mencolok dengan MV sebelumnya. Lagu ini memiliki tema Hallowen yang diproduksi tanpa adanya set khusus. MV diproduksi menggunakan CGI dengan latar warna yang dominan pekat. Tidak banyak kreasi seni dalam MV ini, tetapi masih memasukkan unsur-unsur seperti api, kilat, dan awan.

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

Kredit diadaptasi dari deskripsi lagu pada akun youtube TTC dan poster pada album fisiknya pengungkapan daftar lagu resmi BLITZEN.

Daftar lagu Player Number One – Edisi standar
No.JudulLirikMusikDurasi
1."What's That About"SazuraSazura3:04
2."Player Number One"
Sazura3:13
3."Greedy & Wicked"SazuraSazura3:13
4."Dang It"SazuraSazura2:50
5."Heartbreaker"SazuraSazura2:52
6."What Do You Say"SazuraSazura3:32
7."Over & Over Again"SazuraSazura3:03
8."Never Let You Go"SazuraSazura3:00
9."What Do You Say (Accoustic Version)"SazuraSazura3:29
10."Never Let You Go (Accoustic Version)"SazuraSazura3:07
Durasi total:28.52

Kredit dan personel[sunting | sunting sumber]

Kredit diadaptasi dari deskripsi lagu pada akun youtube TTC dan poster pada album fisiknya.