Lompat ke isi

Pipit-sekam Azores

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pipit-sekam Azores
Fringilla coelebs moreletti Edit nilai pada Wikidata

Male
Taksonomi
DivisiManiraptoriformes
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliFringillidae
GenusFringilla
SpesiesFringilla coelebs
SubspesiesFringilla coelebs moreletti Edit nilai pada Wikidata

Pipit-sekam Azores ( Fringilla moreletti ) adalah burung pengicau kecil dalam keluarga finch Fringillidae . Itu adalah subspesies dari pipit-sekam biasa, tetapi kini telah diangkat ke tingkat spesies. [1] Ia adalah endemik di kepulauan Portugis di Azores, sebahagian dari Makaronesia di Lautan Atlantik Utara. Secara lokal dikenal sebagai tentilhão atau sachão .

Keterangan

[sunting | sunting sumber]

Kepala dan sebagian punggung berwarna abu-abu kebiruan, sedangkan bagian punggung lainnya berwarna kehijauan; sayap dan ekor berwarna hitam putih; tenggorokan dan dada berwarna merah muda. Paruhnya berwarna timah. Cakarnya berwarna coklat kemerahan. Bulu betina lebih tersembunyi, mendominasi warna coklat. [2]

Distribusi dan habitat

[sunting | sunting sumber]

Pipit-sekam Azores mendiami seluruh Kepulauan Azorean dan merupakan salah satu burung paling umum di kepulauan. Dapat dilihat dari permukaan laut hingga pedalaman pegunungan, termasuk kawasan tertinggi Pico .

Referensi

[sunting | sunting sumber]
  1. ^ Clement, Peter; Kirwan, Guy M.; Hansasuta, Chuenchom (2023). "Azores Chaffinch (Fringilla moreletti), version 1.0". Birds of the World (dalam bahasa Inggris). 
  2. ^ "Tentilhão". www.azores.gov.pt. Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 March 2016. Diakses tanggal 8 May 2021.