Pipe major

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sebuah foto dari c. 1890-an Mayor Pipa Colin Thomson dari Dataran Tinggi Argyll dan Sutherland .

Pipe major adalah musisi terkemuka dari band pipa, baik militer maupun sipil. Seperti halnya penunjukan drum mayor, jabatan tersebut berasal dari tradisi Angkatan Darat Inggris . Pada awal abad kedua puluh, istilah sersan piper digunakan sebagai gantinya. Mayor pipa sering kali dibantu oleh seorang sersan pipa, yang memiliki tugas serupa di band dan memimpin band jika mayor pipa tidak ada.

Band Pipa Universitas Simon Fraser yang dipimpin oleh mayor pipa Terry Lee di sebelah kanan band dan sersan pipa Jack Lee di sebelah kiri

Band sipil[sunting | sunting sumber]

Dalam band sipil, mayor pipa umumnya adalah pemimpin band baik secara musikal maupun administratif.

Beberapa jurusan pipa juga berkompetisi dalam kompetisi tunggal.

Tentara Inggris[sunting | sunting sumber]

Jabatan mayor pipa adalah pengangkatan dan bukan pangkat . Seorang yang ditunjuk harus telah mencapai pangkat setidaknya sersan dan telah berhasil menyelesaikan kursus jurusan pipa di Sekolah Musik Bagpipe Angkatan Darat dan Drum Dataran Tinggi, yang merupakan kursus selama 28 minggu.[1] Seorang mayor pipa selanjutnya dapat dipromosikan menjadi sersan staf / sersan warna, petugas surat perintah kelas 2, dan jarang petugas surat perintah kelas 1 . Beberapa WO1 kemudian ditugaskan sebagai direktur musik di Army School of Bagpipe Music dan Highland Drumming. Karena pipa dan drum resimen infanteri biasanya diberi tugas militer sebagai peleton senapan mesin, mayor pipa juga bertanggung jawab untuk:

  • Komando (atau orang kedua) peleton selama latihan militer atau pertempuran
  • Pemeliharaan disiplin militer di peletonnya
  • Penyediaan dan promosi adat, tradisi dan sejarah resimen

Dia biasanya disapa dan disebut sebagai "Pipe Major", bukan berdasarkan pangkat dinasnya. Lambang penunjukan adalah empat tanda pangkat menunjuk ke atas yang dikenakan pada tali pergelangan tangan saat dalam urutan lengan baju, atau empat tanda pangkat besar mengarah ke atas yang dikenakan pada lengan seragam, di atasnya terdapat lencana bagpipe. Sersan staf/sersan warna memiliki mahkota kecil di atas bagpipe, sedangkan petugas surat perintah kelas 2 memiliki mahkota yang lebih besar dan petugas surat perintah kelas 1 memakai senjata kerajaan seperti biasa.[2]

Angkatan Darat Kanada[sunting | sunting sumber]

Seorang mayor pipa di militer Kanada juga merupakan sebuah pengangkatan, bukan pangkat dinas. Jurusan pipa diangkat oleh komandan suatu unit atau formasi. Lambang (chevron empat batang dengan lencana bagpipe) biasanya dilengkapi dengan lencana peringkat layanan. Personil angkatan reguler mengikuti kursus selama setahun di Sekolah Musik Pasukan Kanada - Sayap Pipa dan Drum untuk memenuhi syarat sebagai jurusan pipa.

Sebagian besar jurusan pipa di pasukan Kanada juga bertanggung jawab atas kelompok sukarelawan pasukan reguler atau kelompok cadangan utama, dan ada dua jurusan pipa yang ditempatkan di kelompok musik tiup dan buluh pasukan reguler, yaitu Royal Canadian Air Force Band dan Royal Canadian Artillery Band, dan satu diposting ke pipa dan drum dari Batalyon ke-2, Resimen Kerajaan Kanada, satu-satunya band pipa tentara reguler Kanada.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Our Schools and Colleges". www.army.mod.uk. 
  2. ^ British Army Dress Regulations