Pinjaman dengan jaminan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pinjaman dengan jaminan adalah pinjaman di mana peminjam menjaminkan beberapa aset (misalnya mobil atau properti) sebagai jaminan untuk pinjaman, yang kemudian menjadi utang yang dijaminkan kepada kreditur yang memberikan pinjaman. Utang tersebut dijamin dengan agunan, dan jika peminjam gagal bayar, kreditur mengambil alih kepemilikan aset yang digunakan sebagai agunan dan dapat menjualnya untuk mendapatkan kembali sebagian atau seluruh jumlah yang awalnya dipinjamkan kepada peminjam. Contohnya adalah penyitaan rumah. Dari sudut pandang kreditur, ini adalah kategori utang di mana pemberi pinjaman telah diberikan sebagian dari kumpulan hak atas properti tertentu. Jika penjualan agunan tidak menghasilkan cukup uang untuk melunasi utang, kreditur sering kali dapat memperoleh keputusan kekurangan terhadap peminjam untuk jumlah yang tersisa.

Kebalikan dari utang/pinjaman dengan jaminan adalah pinjaman tanpa jaminan, yang tidak terkait dengan properti tertentu. Sebaliknya, kreditur dapat memenuhi utangnya hanya terhadap peminjam, bukan terhadap jaminan peminjam dan peminjam. Secara umum, utang dengan jaminan dapat menarik suku bunga yang lebih rendah daripada utang tanpa jaminan karena adanya keamanan tambahan bagi pemberi pinjaman; namun, risiko kredit (misalnya riwayat kredit, dan kemampuan untuk membayar) dan pengembalian yang diharapkan untuk pemberi pinjaman juga merupakan faktor yang mempengaruhi suku bunga.[1]

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Ada dua tujuan pinjaman yang dijamin dengan utang. Pada tujuan pertama, dengan memperpanjang pinjaman melalui penjaminan utang, kreditur terbebas dari sebagian besar risiko keuangan yang terlibat karena memungkinkan kreditur untuk mengambil alih kepemilikan properti jika utang tidak dilunasi dengan benar. Sebagai gantinya, hal ini memungkinkan tujuan kedua di mana debitur dapat menerima pinjaman dengan persyaratan yang lebih menguntungkan daripada yang tersedia untuk pinjaman tanpa jaminan, atau diperpanjang kredit dalam situasi di mana kredit di bawah persyaratan pinjaman tanpa jaminan tidak akan diperpanjang sama sekali. Kreditur dapat menawarkan pinjaman dengan suku bunga dan jangka waktu pembayaran yang menarik untuk pinjaman yang dijamin.

Jenis[sunting | sunting sumber]

  • Pinjaman hipotek adalah pinjaman dengan jaminan yang agunannya berupa properti, seperti rumah.
  • Penyitaan adalah proses hukum di mana properti yang digadaikan dijual untuk membayar utang peminjam yang gagal bayar.
  • Penyitaan kembali adalah proses di mana properti, seperti mobil, diambil kembali oleh pemberi pinjaman ketika peminjam tidak melakukan pembayaran yang jatuh tempo pada properti tersebut. Tergantung pada yurisdiksinya, proses ini mungkin memerlukan atau tidak memerlukan perintah pengadilan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gerard McCormack (2004). Secured credit under English and American law. Cambridge University Press. hlm. 16–. ISBN 978-0-521-82670-9. Diakses tanggal 13 December 2011.