Pinguipedidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pinguipedidae
Pinguipes brasilianus
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Pinguipedidae

Günther, 1860
Genus[2]
Sinonim[2]

Parapercidae

Pinguipedidae adalah salah satu famili ikan dalam ordo Trachiniformes. Famili ini merupakan ikan penghuni lubuk laut yang biasanya hidup di atas substrat pasir atau puing-puing di laut dangkal. Mereka ditemukan di lepas pantai Amerika Selatan, Afrika Selatan dan di Indo-Pasifik sejauh timur Jepang. Famili ini berisi beberapa spesies ikan yang biasa digunakan sebagai ikan konsumsi.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Beberapa anggotanya menyerupai ikan nori karena mereka memiliki sirip punggung dan dubur panjang yang mungkin memiliki beberapa duri dan bibir membesar yang tampak melengkung ke belakang dengan gigi taring besar di depan rahang. Mereka memiliki tubuh memanjang yang diratakan ke belakang dan silindris ke arah kepala. Tubuhnya biasanya berpola bintik-bintik dan pita, posisi matanya di dekat bagian atas kepala. Ukurannya relatif kecil, biasanya panjangnya 60–90 sentimeter. Ikan ini cenderung duduk di dasar laut, tubuhnya ditopang oleh sirip perut yang terpisah jauh. Beberapa anggota genus Parapercis atau mungkin juga semuanya, adalah ikan hermafrodit berurut, yang betina pada kematangan seksual dan kemudian berubah menjadi jantan yang seringkali memiliki warna dan tanda yang berbeda secara signifikan.[3] [4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Imamura & Yoshino (2007). "Ryukyupercis, a new genus of pinguipedid fish for the species Parapercis gushikeni (Teleostei: Perciformes) based on the phylogenetic relationships of the family". Raffles Bulletin of Zoology. Suppl 14: 94ff. 
  2. ^ a b WoRMS (2015). Nicolas Bailly, ed. "Pinguipedidae Günther, 1860". FishBase. World Register of Marine Species. Diakses tanggal 19 June 2018. 
  3. ^ Randall, John E. (1995). Coastal Fishes of Oman. University of Hawaii Press. hlm. 304. ISBN 978-0-8248-1808-1. 
  4. ^ "Perciform Fish Form and Function". Encyclopedia Britannica. Diakses tanggal 19 June 2018.