Pingai-laut kumis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pingai-laut kumis
Aethia pygmaea
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22694918
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoCharadriiformes
FamiliAlcidae
GenusAethia
SpesiesAethia pygmaea
(Gmelin, 1789)
Tata nama
ProtonimAlca pygmaea
Distribusi

Pingai-laut kumis ( Aethia pygmaea ) adalah burung laut kecil dari keluarga alka . Ia memiliki jangkauan yang lebih terbatas dibandingkan anggota genus lainnya, Aethia, hanya hidup di sekitar Kepulauan Aleutian dan di beberapa pulau di lepas pantai Siberia (seperti Kepulauan Komandan ), dan berkembang biak di pulau-pulau tersebut. Ini adalah salah satu alsida terkecil, hanya pingai-laut kerdil yang berkerabat dekat yang lebih kecil. Namanya diambil dari bulu putih panjang di wajahnya yang merupakan bagian dari bulu perkembangbiakannya.

Pingai-laut kumis adalah spesies yang kurang dipelajari dan banyak penelitian perlu dilakukan terhadap spesies tersebut. Awalnya dideskripsikan sebagai dua spesies berbeda, dari spesimen yang dikumpulkan di ujung wilayah jelajah yang berbeda, namun penelitian menunjukkan bahwa ini adalah spesies tunggal dengan variasi klinis di sepanjang wilayah jelajahnya. Ia diperkirakan tidak melakukan migrasi, melainkan mengunjungi pulau berkembang biak sepanjang tahun, dan terbukti bertengger di darat sepanjang tahun, suatu sifat yang tidak biasa dalam keluarga tersebut.[2] Pingai-laut kumis bertelur satu telur di celah berbatu, dalam koloni lepas dengan auklet berkumis lainnya dan juga burung laut kolonial lainnya. Kedua orang tuanya mengambil bagian dalam inkubasi dan pemeliharaan anakan. Kumisnya telah terbukti membantu mereka merasakan jalan keluar masuk sarang di malam hari.[3]

Pingai-laut kumis mencari makan di zona perairan pantai, biasanya dalam jarak 16 km daratan, tempat arus pasang surut memusatkan mangsanya ke dalam kawanan yang padat. Mereka terutama memakan kopepoda selama bulan-bulan musim panas, kebanyakan spesies Neocalanus plumchrus ; dan beralih ke krill euphausiaid di musim gugur dan musim dingin.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Ciri khas yang aneh dari burung ini, yang juga dimiliki oleh pingai-laut jambul, adalah bulunya yang berbau jeruk.

Perahu nelayan merupakan ancaman besar bagi burung ini karena tertarik pada cahaya di malam hari.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2020). "Aethia pygmaea". 2020: e.T22694918A168850776. doi:10.2305/IUCN.UK.2020-3.RLTS.T22694918A168850776.en. 
  2. ^ Schacter, Carley R.; Jones, Ian L. (July 2018). "Confirmed year-round residence and land roosting of Whiskered Auklets (Aethia pygmaea) at Buldir Island, Alaska". The Auk. 135 (3): 706–715. doi:10.1642/AUK-17-235.1. 
  3. ^ Seneviratne, Sampath S. & Ian L. Jones (2008) Mechanosensory function for facial ornamentation in the whiskered auklet, a crevice-dwelling seabird.
  4. ^ Whiskered Auklet | Audubon Field Guide: “Conservation Status” https://www.audubon.org/field-guide/bird/whiskered-auklet