Pinas (kapal)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pinas asli dipasang dengan rig depan dan belakang Eropa.

Pinas, kadang-kadang disebut juga "pinis", adalah jenis sekunar dari pantai timur Semenanjung Melayu, dibangun di negara bagian Terengganu. Kapal jenis ini dibangun dari kayu chengal oleh orang Melayu sejak abad ke-19 dan menjelajahi Laut Cina Selatan dan lautan di sekitarnya sebagai salah satu dari dua jenis kapal layar tradisional yang dikembangkan oleh budaya maritim Melayu akhir: bedar dan pinas.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Sabar Filipina, (26,5 m LOD), pelayaran asli terakhir Filipina di Kuala Terengganu

Pinas adalah kapal layar yang dibangun secara eksklusif di kuala (Melayu: muara sungai)[1] dari sungai Terengganu. Itu adalah kapal terbesar yang dibangun di daerah itu, dan hanya digunakan untuk navigasi laut dalam ke pelabuhan yang jauh. Pinas membawa dua tiang, satu di haluan, yang disebut "Topan", sedikit disapu ke depan, dan tiang utama, yang disebut "Agung" ditempatkan sedikit di depan bagian tengah perahu. Pinas memiliki cucur yang sangat panjang, sedikit ditekuk ke bawah oleh bobstay.

The pinas Sabar in the museum of Kuala Terengganu, 1998

Pinas asli dilengkapi dengan sekunar dengan layar atas Bermuda. Jenis ini direkam oleh Herbert Warington Smyth pada tahun 1906.[2]:103

Teknik pembangunan[sunting | sunting sumber]

Bangunan pinas tradisional Melayu dengan bingkai yang disisipkan kemudian, Terengganu, 2004

Perahu pinas Terengganu dibangun menggunakan teknik asli yang dikembangkan orang Melayu untuk membuat perahu kayu. Mereka membangun tanpa rencana, lambung dulu, kerangka kemudian. Papan-papan tersebut dibengkokkan dengan api dan disambung tepi-tepinya (ukiran) dengan menggunakan "basok" (pasak kayu) yang terbuat dari kayu penaga-besi (Mesua ferrea). Tidak ada dempul gaya Eropa yang dipalu ke dalam alur di antara papan: Sebelum papan baru dipalu pulang, secarik kulit gelam (Melayu: kulit paperbarks)[3] dari spesies Melaleuca ditempatkan di atas pasak. Lapisan 1 – 2 mm dari bahan alami ini memiliki sifat penyegelan yang luar biasa.[4]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Google Translate". 
  2. ^ Gibson-Hill, C. A. (August 1952). "Tongkang and Lighter Matters". Journal of the Malayan Branch of the Royal Asiatic Society. 25: 84–110 – via JSTOR. 
  3. ^ "Google Translate". 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama CargoBoats-p106p125

Pranala luar[sunting | sunting sumber]