Lompat ke isi

Pikat-dan-alih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pikat-dan-alih adalah bentuk penipuan yang digunakan dalam penjualan eceran tetapi juga digunakan dalam konteks lain. Pertama, pelanggan “dipikat” oleh pedagang yang mengiklankan produk atau layanan dengan harga rendah, namun kemudian, ketika mereka mengunjungi toko, pelanggan tersebut menemukan bahwa barang yang diiklankan tidak tersedia dan ditekan oleh tenaga penjualan untuk membeli barang serupa namun dengan produk harga lebih tinggi. (“peralihan”).

Teknik pikat-dan-alih memiliki sejarah panjang dan luas sebagai bagian dari budaya komersial. Banyak variasi mengenai pikat-dan-alih muncul, misalnya, dalam buku cerita penipuan paling awal di Tiongkok, The Book of Swindles karya Zhang Yingyu (c. 1617). [1]

Fungsi[sunting | sunting sumber]

Maksud dari pikat-dan-alih adalah untuk mendorong pembelian barang-barang substitusi, membuat konsumen puas dengan stok yang tersedia yang ditawarkan, sebagai alternatif dari kekecewaan atau ketidaknyamanan karena tidak memperoleh barang (pikat) sama sekali, dan memperhitungkan kerugian yang tampaknya hanya sebagian pemulihan biaya hangus yang dikeluarkan untuk mencoba mendapatkan pikatan. Hal ini menunjukkan bahwa penjual tidak akan menampilkan produk atau layanan asli yang diiklankan melainkan akan menunjukkan produk yang lebih mahal atau produk dengan harga serupa, namun kualitasnya lebih rendah. Dalam kedua kasus tersebut, penjual mengharapkan memperoleh margin yang lebih tinggi atas produk pengganti.

Legalitas[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, pengadilan memutuskan bahwa pemasok yang menggunakan operasi pikat-dan-alih dapat dikenakan tuntutan hukum oleh pelanggan karena iklan palsu, dan dapat dituntut atas pelanggaran merek dagang oleh produsen pesaing, pengecer, dan pihak lain yang mengambil keuntungan dari operasi tersebut. penjualan produk yang digunakan sebagai umpan. Namun, tidak ada alasan untuk mengambil tindakan selama pemasok benar-benar mampu menjual barang yang diiklankan, bahkan jika mereka secara agresif menjual produk pesaing.

Demikian pula, mengiklankan penjualan sambil bermaksud untuk menyimpan dalam jumlah terbatas, dan dengan demikian menjual habis, barang yang merugi yang diiklankan adalah sah di Amerika Serikat. [2] Pemasok dapat lepas dari tanggung jawab jika mereka menjelaskan dalam iklannya bahwa jumlah barang yang ditawarkan untuk dijual terbatas, atau dengan menawarkan jaminan pembelian kelak atas barang yang terjual habis.

Di Inggris dan Wales, metode pikat dan alih dilarang berdasarkan Peraturan Perlindungan Konsumen dari Perdagangan yang Tidak Adil 2008 ; [3] melanggar undang-undang ini dapat mengakibatkan tuntutan pidana, denda tidak terbatas dan dua tahun penjara. Di Kanada, taktik ini ilegal berdasarkan Undang-Undang Persaingan Usaha . Di Australia, iklan pikat adalah ilegal berdasarkan Undang-Undang Persaingan dan Konsumen tahun 2010 [4] (sebelumnya dikenal sebagai Undang-Undang Praktik Perdagangan tahun 1974 ).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Zhang Yingyu (2017). The Book of Swindles: Selections from a Late Ming Collection. Diterjemahkan oleh Rea, Christopher; Rusk, Bruce. Columbia University Press. ISBN 978-0-23117-862-4. 
  2. ^ Dwivedi, Yogesh K.; Ismagilova, Elvira; Hughes, D. Laurie; Carlson, Jamie; Filieri, Raffaele; Jacobson, Jenna; Jain, Varsha; Karjaluoto, Heikki; Kefi, Hajer (2021-08-01). "Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions". International Journal of Information Management (dalam bahasa Inggris). 59: 102168. doi:10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168. ISSN 0268-4012. 
  3. ^ "The Consumer Protection from Unfair Trading Regulations 2008". Legislation.gov.uk. Diakses tanggal 19 July 2019.  (See paragraphs 5 and 6)
  4. ^ "Consumer Law Australia - How is Bait Advertising Illegal?". Brucelegal.com.au. 6 August 2018. Diakses tanggal 11 June 2019.