Lompat ke isi

Phyllanthus fluitans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Phyllantus fluitans, atau dikenal juga dengan apung akar merah, floating spurge, dan apple duckweed[1] merupakan spesies tanaman air yang mampu mengapung dan tumbuhan tahunan herba yang tergolong pada jenis Phyllanthaceae. Spesies ini merupakan spesies yang terdapat pada 3 spesies non-terestrial dalam genus Phyllanthus. Memiliki 880 spesies di wilayah tropis dan menjadi salah satu spesies Phyllanthus yang tersebar di seluruh benua Amerika.[2] Nama spesifik yang dimiliki spesies ini berasal dari bahasa Latin yang berarti mengambang atau mengapung (fluito; fluitans). Pada Maret 1863, spesies ini ditemukan oleh George Bentham dan Johannes Müller Argoviensis.[3] Bouman et al. (2022) mengatakan bahwa spesies ini menjadi satu-satunya spesies Phyllanthus yang tercatat di Pulau Jawa, Indonesia.[2]

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Ciri-ciri yang dimiliki oleh spesies ini, yaitu pucuk ketiaknya pendek disertai dengan daun lebat, memiliki daun yang khas, bunga ketiak juga bercirikan fasikula berkelamin tunggal atau biseksual dan sepal 5-6.[2] Lebih spesifiknya, daunnya berbentuk hati dengan permukaan daun yang membentuk kantung di setiap sisi pelepah agar membantu tanaman untuk mengapung di atas air. Batangnya memiliki panjang 3 sampai dengan 5 cm dengan akar yang banyak muncul dari ruas-ruasnya. Tumbuhan ini juga menghasilkan 2-4 bunga berkelamin dengan warna putih polimerik kecil disertai panjang kurang lebih 1.5 mm.[4]

Habitat[sunting | sunting sumber]

Tumbuhan ini biasa ditemukan di wilayah benua Amerika, khususnya di lahan basah kawasan Amerika Selatan dan Meksiko.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Phyllanthus fluitans Benth. ex Müll.Arg". www.gbif.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-27. 
  2. ^ a b c "Phyllanthus fluitans Benth. ex Müll.Arg. (Phyllanthaceae): A new record for the alien flora of Java, Indonesia – Specimen Publications" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-05-27. 
  3. ^ "Botanicus.org: Linnaea:". www.botanicus.org. Diakses tanggal 2024-05-27. 
  4. ^ Field Museum of Natural History.; History, Field Museum of Natural (1951). Publication. Field Museum of Natural History. v.13:pt.3A:no.1 (1951) [Euphorbiaceae]. Chicago: Field Museum of Natural History. 
  5. ^ Ibáñez, Alicia; Flores, Rodolfo; Ibáñez, Alicia; Flores, Rodolfo (00/2021). "Phyllanthus fluitans (Phyllanthaceae): a new record of an aquatic plant for the flora of Panama". Acta botánica mexicana (dalam bahasa Inggris) (128). doi:10.21829/abm128.2021.1767. ISSN 0187-7151.