Phulwa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Phulwa
Nama alternatifPhulwa Choti Dulhan
GenreDrama
Ditulis olehSonali Jaffar
Sandiip Sikcand
Aseem Arora
SutradaraBalkrishna Singh Rahul pandey
Pengarah kreatifIndrahit Mukharjee
PemeranSargun Mehta
Ajay Chaudhary
Jannat Zubair Rahmani
Penggubah lagu temaDony Hazarika
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Jmlh. musim1
Jmlh. episode277
Produksi
ProduserVikas Sethi
SinematografiShailesh Monare
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi24 menit
Rumah produksiSwastik Productions
Rilis asli
JaringanColors TV
Rilis10 Januari 2011 (2011-01-10) –
16 Maret 2012 (2012-3-16)

Phulwa (Bahasa Indonesia: Bunga) (juga dikenal sebagai Phulwa Choti Dulhan) adalah drama televisi India di Colors TV. Latarnya berlatar belakang hutan Chambal di dekat Morena, Madhya Pradesh. Kisah ini secara longgar didasarkan pada kehidupan Phoolan Devi, perampok yang berubah menjadi politisi.[1]

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Serial ini berkisah tentang seorang gadis desa kecil bernama Phulwa (berarti "bunga"), yang tinggal di bagian India yang dipenuhi bandit. Dia adalah gadis yang manis, polos, dan penyayang, tapi sayangnya, terjebak di tengah perseteruan yang kejam. Dia kehilangan sebagian besar keluarganya, serta kepolosannya yang kekanak-kanakan, pada usia dini.

Phulwa memiliki saudara angkat yang jauh lebih tua bernama Bhavani (Prashant Narayanan), yang merupakan seorang bandit. Shankar (Angad Hasija), yang ingin membalas dendam terhadap Bhavani, menculik Phulwa. Keadaan membuat Shankar dan Phulwa tampak menikah satu sama lain. Dewan desa (panchayat) memutuskan bahwa mereka harus tetap bersama sebagai pasangan, meskipun Shankar hampir tiga kali lipat usia Phulwa. Shankar percaya bahwa Bhavani membunuh kakak laki-laki dan perempuan iparnya. Selain itu, adik perempuan Shankar, Mahua (Wasna Ahmed) jatuh cinta dengan Bhavani tetapi dia meninggalkannya.

Shankar semakin menyukai Phulwa yang lugu dan mencoba menebus tindakannya sebelumnya yang merusak hidupnya. Phulwa mengidolakan Shankar dan memanggilnya 'Masterji' untuk menghormati. Sharbati, seorang kerabat jauh, ingin menikahi Shankar, tapi tidak mendorongnya.

Tuan tanah dan politisi setempat, Bade Thakur alias Daroga Singh, mengirimkan lamaran agar Mahua menikahi putranya, Chhote Thakur. Mahua melarikan diri dari pernikahan karena dia masih mencintai Bhavani tetapi dibunuh oleh Chhote Thakur yang ditolak. Kemudian Shankar mengetahui bahwa duo ayah-anak Thakur, bukan Bhavani, yang juga membunuh saudara laki-laki dan perempuan iparnya. Keluarga Thakur dengan bantuan Sharbati menangkap Phulwa, orang tuanya, dan saudara-saudaranya. Shankar dan Bhavani pergi menyelamatkan mereka dan menyelamatkan Phulwa dan saudara laki-lakinya, Babu. Namun, orang tua Phulwa dan Shankar terbunuh. Phulwa dan Babu menemani Bhavani ke tempat persembunyian kelompok banditnya. Phulwa bersumpah akan membalas dendam atas kematian 'Masterji' (Shankar) dan orang tuanya dan bergabung dengan para bandit.

Sepuluh tahun kemudian, Phulwa tumbuh menjadi wanita tangguh dan tak kenal takut. Dia membantu orang miskin, melawan ketidakadilan, dan menganggap Thakur sebagai musuh terbesarnya. Chhote Thakur menikah dengan Sharbati. Suatu hari, Phulwa berhadapan dengan pasangan itu dan terpaksa membunuh Chhote Thakur untuk membela diri. Bade Thakur dan Sharbati berjanji membalas dendam terhadap Phulwa atas pembunuhan Chhote Thakur.

Orang asing bernama Shatrughan (Ajay Chaudhary) memasuki kelompok Phulwa dan perlahan mendapatkan kepercayaan dirinya. Phulwa merasa dengan kematian Chhote Thakur, balas dendamnya sudah selesai. Namun, kepala bandit, Gayatri (Shikha Singh), menyuruhnya untuk tidak meletakkan senjata. Tersiar kabar bahwa ACP (Asisten Komisaris Polisi) baru telah mengambil alih wilayah tersebut. Setelah beberapa minggu, terungkap bahwa Shatrughan adalah ACP baru yang menyamar. Nama aslinya adalah Abhay Singh. Dia menangkap Phulwa dan teman-temannya. Seorang pengacara bernama Roshni (Rakshanda Khan) berjuang atas nama mereka di pengadilan dan berpendapat bahwa Phulwa tidak bersalah dan harus diizinkan pulang. Kemudian terungkap bahwa Abhay adalah anak di luar nikah dari Bade Thakur dan sangat setia kepada ayahnya, yang dianggapnya sebagai pria baik. Bade Thakur sekarang adalah calon politisi. Sebagai aksi publisitas, dia menawarkan agar Phulwa menikah dengan Abhay. Phulwa menerimanya karena itu berarti dia dibebaskan dari penjara.

Abhay sudah bertunangan dengan rekannya Aarti, namun di hari pernikahannya, Phulwa menggantikan Aarti dan menikahi Abhay. Terungkap bahwa Aarti membantu Phulwa karena simpati. Bade Thakur dan Abhay sangat marah tapi tidak berdaya. Phulwa mulai tinggal di rumah Thakur sebagai menantu baru di keluarga tersebut. Tujuannya adalah mengungkap kelakuan buruk Thakur dan membalas dendam. Abhay dan Phulwa semakin dekat. Bade Thakur mengungkapkan bahwa dia membunuh ibu Abhay dan mengatur agar Abhay mengalami kecelakaan. Berjuang untuk hidupnya, Abhay membutuhkan transfusi darah dan Thakur setuju untuk menyumbang hanya jika Phulwa menjadi budaknya. Meskipun Phulwa setuju, dokter memberi tahu mereka bahwa selama Abhay masih hidup, dia tidak akan bisa bergerak karena kerusakan pada tulang punggungnya yang membuat Phulwa terkejut.

Seorang ahli bedah baru, Dr. Arjun melakukan operasi yang sukses, dan Abhay sembuh, tetapi di sini rahasia Arjun terungkap. Arjun adalah adik laki-laki Shankar yang datang untuk membalas kematian saudaranya. Dia berencana membunuh Abhay dan Phulwa, salah mengira bahwa Phulwa membunuh Shankar. Babu memberitahu Arjun siapa pelaku sebenarnya. Abhay dengan bantuan Arjun dan Babu menjebak Thakur. Pada akhirnya Thakur dibunuh oleh Phulwa. Serial ini berakhir dengan catatan bahagia dengan Phulwa dan Abhay menjalani hidup bahagia dengan anak kembar mereka (laki-laki dan perempuan).

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Colors gets replacement shows of Bigg Boss scoring on debut week". Indiantelevision.com. 19 January 2011.