Pewarna Peta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pewarnaan Peta merupakan proses pemberian warna di beberapa daerah peta yang bertujuan untuk membandingkan dua daerah yang berbatasan langsung dengan memiliki warna tersendiri. Proses tersebut membutuhkan warna yang sama banyak dengan beberapa daerah di lokasi tersebut sehingga terhindar dari ketidakefisienan. Dibutuhkan sekali pembelajaran terkait penentuan dan penggunaan warna pada peta.[1] Pewarnaan peta juga dibutuhkan penerapan data analisis pewarnaan graf.

Pewarnaan graf[sunting | sunting sumber]

Pewarnaan graf merupakan pemberian warna dengan bilangan berurut menggunakan beberapa warna pada suatu graf. Beberapa objek seperti simpul, sisi, dan wilayah dapat digunakan karena beberapa pendekatan atau tetangga memiliki warna yang berbeda. Dalam mewarnai graf sangat dibutuhkan jumlah jenis warna yang sedikit mungkin.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Muhammad Mussafi, Noor Saif (2015/05/01). "Penerapan Greedy Coloring Algorithm Pada Peta Kotamadya Yogyakarta Berbasis Four-colour Theorem". Jurnal Sains dan Teknologi. Vol. 11 (No. 1): 19–26. doi:https://doi.org/10.14421/kaunia.1078 Periksa nilai |doi= (bantuan). 
  2. ^ Sihombing, Sagita Charolina (2016/Juni). "Pewarnaan Wilayah (Region Coloring) Pada Peta Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan Menggunakan Algoritma Greedy". Jurnal Ilmiah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol. 13 (No. 1): 60–77. doi:DOI: http://dx.doi.org/10.31851/sainmatika.v13i1.1000 Periksa nilai |doi= (bantuan).