Peuchen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Peuchen (juga dikenal sebagai Piuchen, Pihuchen, Pihuychen, Pihuichen, Piguchen, atau Piwuchen) adalah makhluk dalam mitologi Mapuche dan mitologi Chilote yang hidup di daerah Chili. Peuchen adalah makhluk yang mengerikan, dia mampu berubah wujud, termasuk menjadi hewan.

Peuchen digamabrkan sebagai ular terbang raksasa yang mengeluarkan suara aneh. Tatapannya bisa membuat korbannya menjadi tak bisa bergerak. Pada saat itulah Peuchen mengisap darah korbannya. Peuchen juga diduga mengisap darah domba.

Makhluk ini bisa diusir oleh seorang Machi (Tabib Wanita Mapuche).

Kriptozoologi[sunting | sunting sumber]

Di Chile, kata "Peuchen" juga merupakan akar kata kelelawar vampir (Desmodus rotundus); sehingga beberapa kryitozoolog percaya bahwa kelelawar vampir merupakan asal mula legenda Peuchen, namun beberapa yang lainnya berpendapat bahwa "Peuchen" berkaitan dengan Chupacabra.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [http://www.diarioelcentro.cl/articulos_sc.php?fecha=26-07-2004&semana=29-2004 Article: Tras los pasos del chupacabras. El centro, Journal. 26-07-2004 (Spanyol)]
  • (Spanyol) Martinez Vilches, Oscar (1992). Chiloe Misterioso: Turismo, Mitologia Chilota, leyendas. Chile: Ediciones de la Voz de Chiloe. hlm. 179. ISBN 0-19-451308-4. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]