Peter de la Billière

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jenderal Sir Peter Edgar de la Cour de la Billière, KCB, KBE, DSO, MC & Bar, DL (lahir 29 April 1934) adalah mantan perwira Angkatan Darat Inggris yang menjadi Direktur SAS selama pengepungan Kedutaan Besar Iran, dan Panglima Tertinggi pasukan Inggris dalam Operasi Granby (Perang Teluk).

Peter de la Billière
Lahir29 April 1934 (umur 89)
Plymouth, Devon, Inggris
Pengabdian Britania Raya
Dinas/cabangAngkatan Darat Britania Raya
Lama dinas1953–1992
PangkatJenderal
NRP424859
Perang/pertempuranKedaruratan Malaya
Konfrontasi Indonesia–Malaysia
Pemberontakan Dhofar
pengepungan Kedutaan Besar Iran
Perang Falkland
Perang Teluk

Tahun-Tahun Awal[sunting | sunting sumber]

Peter de la Billière lahir di Plymouth, Devon, putra dari Letnan Komandan Ahli Bedah Claude Denis Delacour de la Billière dan istrinya, Frances Christine Wright ("Kitty") Lawley. Pada tanggal 22 Mei 1941 ayahnya, yang pernah menempuh pendidikan di Sekolah Monkton Combe dekat Bath, Somerset, terbunuh ketika kapalnya, HMS  Fiji, ditenggelamkan oleh pembom Jerman dalam serangan ke selatan -barat Kreta.

De la Billière menempuh pendidikan di St Peter's Court School, di Broadstairs, Kent, dan Harrow School. Seorang "Peter de la Billière" disebutkan sebagai murid pengungsi Pengadilan St Peter yang dikirim ke Crediton, Devon di Tanah Kita yang Berperang oleh Duff Hart-Davis.

kehidupan Kelak[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1993, ia menerima Ordo Raja Abdulaziz, Kelas 2 Arab Saudi, dan diangkat menjadi Panglima Legiun Merit Amerika Serikat.

De la Billière telah menulis atau ikut menulis 18 buku, termasuk otobiografi, kisah pribadi tentang Perang Teluk, dan sejumlah karya tentang SAS.[1]

Pada tahun 1965, ia menikah dengan Bridget Constance Muriel Goode. Mereka memiliki satu putra dan dua putri.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Amazon.co.uk". www.amazon.co.uk (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-09-13. 
  2. ^ "Collection: The Papers of Sir Peter de la Billière | ArchiveSearch". archivesearch.lib.cam.ac.uk. Diakses tanggal 2023-09-13.