Petatar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Petatar[1] (bahasa Inggris: trainee) umumnya dikenal sebagai individu yang mengambil bagian dalam program pelatihan dalam suatu organisasi setelah lulus dari kursus yang lebih tinggi dan teknis yang ditatar atau dilatih oleh seorang penatar.

Seorang petatar adalah karyawan resmi perusahaan yang dilatih untuk pekerjaan yang awalnya mereka pekerjakan. Secara harfiah, petatar adalah karyawan dalam pelatihan. Program petatar diatur oleh perusahaan swasta dan pemberi kerja sektor publik dimana posisi petatar memiliki durasi yang bervariasi tergantung program perusahaan. Selama durasi program ini, peserta petatar diharapkan menerima gaji serta diharapkan memiliki pekerjaan penuh waktu yang menunggu di perusahaan saat program selesai. Seringnya digunakan sebagai tindakan asuransi oleh perusahaan, perusahaan biasanya akan memiliki masa pelatihan di mana orang tersebut masih dievaluasi setelah itu keputusan resmi untuk dipekerjakan secara permanen dibuat.

Program penataran paling sering terdiri dari kombinasi teori dan praktik dan ditujukan agar petatar mempelajari perusahaan dari bawah ke atas. Banyak petatar dapat memanfaatkan jaringan kontak mereka dari program pelatihan dan menaiki tangga perusahaan dan menjadi individu kunci di banyak perusahaan.

Banyak perusahaan di seluruh dunia menyelenggarakan program penataran.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "petatar". Wiktionary bahasa Indonesia. 2012-04-28.