Pestsäule, Wina

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pestsäule di Wina.

Pestsäule (Inggris: Pilar Pes) atau Dreifaltigkeitssäule (Inggris: Pilar Tritunggal) adalah pilar Trinitas Suci yang terletak di jalan Graben di kota tua Wina, Austria. Tiang ini didirikan setelah terjadinya wabah pes besar pada tahun 1679. Tugu peringatan ini bergaya Barok.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1679, Wina dilanda wabah pes besar. Kaisar Habsburg Leopold I melarikan diri dari kota Wina dan bersumpah akan mendirian tiang peringatan setelah wabah tersebut selesai. Pada tahun yang sama, tiang kayu sementara didirikan oleh Johann Frühwirth yang menunjukkan Tritunggal Kudus di tiang bergaya Korintus dengan sembilan patung malaikat.

Pada tahun 1683, Matthias Rauchmiller ditugaskan melakukan pendirian tiang yang terbuat dari marmer, tetapi ia meninggal pada tahun 1686 dan baru menyelesaikan beberapa patung malaikat. Beberapa rancangan baru dibuat, salah satunya oleh Johann Bernhard Fischer von Erlach yang membuat rancangan patung di dasar tiang. Pada akhirnya manajemen proyek diserahkan kepada Paul Strudel, yang mendasarkan karyanya pada konsep insinyur teater Lodovico Burnacini.

Di bawah figur Tritunggal, Burnacini membayangkan piramida emas dengan patung-patung malaikat dan juga kaisar Leopold yang sedang berlutut dan berdoa. Beberapa seniman lain yang terlibat dalam pendirian pilar ini adalah Tobias Kracker dan Johann Bendel. Pilar ini diresmikan pada tahun 1693.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 48°12′31″N 16°22′11″E / 48.20861°N 16.36972°E / 48.20861; 16.36972