Pesta Angsa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pesta Angsa adalah perayaan wisuda 267 orang bangsawan menjadi kesatria di Biara Westminster pada tanggal 22 Mei 1306. Perayaan wisuda ini diselenggarakan sesudah Raja Edward I memaklumkan bahwa semua bangsawan yang sudah layak menjadi kesatria harus datang ke Westminster untuk diwisuda satu demi satu oleh bakal raja mereka, dan untuk maju menyertainya memerangi orang-orang Skot.[1] Mula-mula raja mewisuda putranya, Pangeran Edward II, selanjutnya pangeran mewisuda 266 calon wisudawan lain.[2]

Dalam acara perjamuan yang digelar seusai wisuda, raja memerintahkan agar dua ekor angsa dibawa masuk. Raja kemudian bersumpah demi Tuhan dan dua ekor angsa itu untuk membalas dendam kematian John Comyn III dari Badenoch serta penistaan gereja tarekat Fransiskan di Dumfries oleh Raibeart Bruis bersama antek-anteknya, dan untuk memerangi orang-orang kafir di Tanah Suci.

Para wisudawan yang kelak terkenal dalam sejarah adalah Piers Gaveston, Hugh le Despenser, John de Warenne, Earl Surrey Ke-7, Roger Mortimer, Earl March Pertama, dan Roger Mortimer de Chirk.

Peristiwa ini didramatisasi di dalam film terbitan tahun 2018, Outlaw King. Di dalam film ini, Pangeran Edwardlah yang mengikrarkan sumpah demi dua ekor angsa, bukan ayahnya.

Baca juga[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ronald McNair Scott (1982), Robert the Bruce King of Scots, London: Hutchinson & Co 
  2. ^ William Arthur Shaw (1906), The Knights of England (hardback), London: Heraldry Today 

Morris, Marc (2015), A Great and Terrible King: Edward I and the Forging of Britain, New York, NY: Pegasus Books, ISBN 978-1-60598-684-5