Perunggu-perunggu Riace

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perunggu-perunggu Riace
Tahun460-450 BC
TipePatung perunggu
LokasiMuseo Nazionale della Magna Grecia, Reggio Calabria, Italia

Perunggu-perunggu Riace (bahasa Italia: Bronzi di Riace [ˈbrondzi di riˈaːtʃe])) adalah dua patung perunggu dari masa Yunani Kuno yang menggambarkan prajurit berjanggut yang telanjang bulat. Patung ini diperkirakan dibuat sekitar tahun 460–450 SM.[1]

Kedua patung ini ditemukan di laut di dekat Riace pada tahun 1972. Patung-patung ini kini disimpan di Museo Nazionale della Magna Grecia di kota Reggio Calabria, Italia selatan.

Kedua patung ini diberi sebutan "Patung A" yang mengacu kepada prajurit yang lebih muda, dan "Patung B" yang mengacu kepada patung yang terlihat lebih tua. Patung A memiliki tinggi 203 cm, sementara patung B tingginya mencapai 196,5.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kleiner, hlm. 107.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]

  • "Bronzi Di Riace, Ritrovata Una Ciglia Della Statua "B": Era Abbandonata Nello Scantinato Del Museo." Corriere Della Calabria. Sviluppo Editoria Calabria S.r.l., 23 Oct. 2013.
  • Kleiner, Fred S., Gardner's Art Through the Ages: The Western Perspective, Volume 1 (Cengage Learning, 2009, ISBN 9780495573609)
  • Muzzupappa, M., A. Gallo, R. M. Mattanò, C. Ruggiero, and F. Bruno. "A Complete Morphological Study of the Right Hand of Bronzo “A” Di Riace." (2012): 55-59. Multi Science Publishing.
  • "Nuccio Schepis Respinge Al Mittente Le Polemiche Sul Presunto ‘abbandono’ Dei Bronzi Di Riace." Fame Di Sud. Ed. Aliamedia Società Cooperativa Editrice Scarl - Bari. Ermete Limited, 5 Sept. 2013.
  • "Trasloco E "tagliando" per I Bronzi Di Riace." Repubblica.it. Gruppo Editoriale L’Espresso, n.d.