Pertengahan musim panas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Pertengahan musim panas
Hari Santo Yohanes
Nama lainPesta Santo Yohanes Pembaptis, Matahari Musim Panas, Hari Raya St. Yohanes, Midsummer, Jāņi, Enyovden, Liða / Litha, Midsommar, Ivan Kupala Day, Juhannus, Mittumaari, Alban Hefin, Gŵyl Ganol yr Haf, Sankthans, Joninės, Jaanipäev, Keskikesä
Dirayakan oleh
JenisBudaya dan Kristen
MaknaMenandai pertengahan musim panas kuno, awal musim panas, dan kelahiran Santo Yohanes Pembaptis.
PerayaanFestival, api unggun, pesta, bernyanyi, menari dansa besar
Tanggal21, 24, 25 Juni

Pertengahan musim panas adalah periode waktu yang berpusat pada titik balik matahari musim panas, dan lebih khusus perayaan Eropa utara yang menyertai titik balik matahari yang sebenarnya atau berlangsung pada hari antara 19 Juni dan 25 Juni dan malam sebelumnya. Tanggal yang tepat bervariasi di antara budaya yang berbeda. Perayaan mendahului Kekristenan, dan ada di bawah nama dan tradisi yang berbeda di seluruh dunia.[2][3]

Gereja Kristen yang belum terbagi menetapkan 24 Juni sebagai hari raya martir Kristen awal St Yohanes Pembaptis, dan peringatan Hari St. Yohanes dimulai malam sebelumnya, yang dikenal sebagai Malam St John. Ini diperingati oleh banyak denominasi Kristen, seperti Gereja Katolik Roma, Gereja Lutheran, dan Persekutuan Anglikan, serta oleh freemasonry. Di Swedia, pertengahan musim panas adalah perayaan penting yang telah ada proposal untuk membuat Malam pertengahan musim panas menjadi Hari Nasional Swedia, bukan 6 Juni. Di Latvia Festival pertengahan musim panas adalah Hari Nasional Latvia. Di Denmark dan Norwegia, ini juga dapat disebut sebagai Hari St. Hans.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "The Nativity of Saint John the Baptist: The Midsummer Nativity" (dalam bahasa English). The Institute for Christian Formation. 2017. Diakses tanggal 26 Maret 2018. 
  2. ^ "The Summer Solstice and its Celtic Traditions". Ancient History et cetera (dalam bahasa Inggris). 2016-06-20. Diakses tanggal 2019-06-23. 
  3. ^ "Midsummer's Eve | holiday". Encyclopedia Britannica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-23. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]