Pertempuran Dettingen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pertempuran Dettingen (bahasa Jerman: Schlacht bei Dettingen) terjadi pada 27 juni[Note 1] 1743 di sebuah sungai di Desa Dettingen, Jerman, selama berlangsungnya Perang Penerus Austria. Pasukan Inggris, beraliansi dengan orang-orang dari Hanover dan Hesse, mengalahkan tentara Prancis di bawah duc de Nouilles. Raja George II memerintahkan langsung pasukannya dalam pertempuran, dan ini adalah terakhir kali seorang Raja Inggris, memimpin langsung pasukannya di lapangan. Pertempuran yang berlangsung di sungai terletak 18 km sebelah timur kota Frankfurt, dengan senjata di tepi sungai Hessian namun sebagian besar pertempuran terjadi di tepi sungai Bavarian yang lebih datar dan landai. Desa Dettingen saat ini merupakan kota Karlstein am Main, terletak di ujung barat laut dari Bavaria.

Dirancang[sunting | sunting sumber]

Tentara sekutu yang dikenal sebagai Tentara Pragmatis karena persekutuan dari negara-negara yang mendukung Sanksi Pragmatis 1713, perjanjian untuk mengakui Maria Theresa sebagai pemegang kedaulatan dari Kekaisaran Habsburg. Pasukan Inggris berkekuatan 17,000 orang di bawl komando John Dalrymple, 2nd Earl of Stair, telah mendarat di Ostend di Belanda Austria pada 10 Juli 1742. Di sini ia bergabung dengan Tentara Pragmatis, yang berkekuatan sekitar 50,000 orang pada awal pertempuran, juga terdapat 16,000 pasukan dari orang-orang Hanover dengan keseimbangan terdiri dari Austrians, Hessians dan Belanda.[1] Para tentara bersiaga disini hingga Januari 1743, ketika Raja George II memerintahkan Dalrymple untuk bergerak ke Jerman, dia meninggalkan sebagian tentara Hessians dan Austria, untuk melindungi Belanda. Di divisi internal Negeri Belanda menahan 20,000 pasukan mereka, sehingga mereka datang terlambat untuk berpartisipasi dalam pertempuran.[2]

Notes[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Many British sources from the time express the date as 16 June (according to the 'Julian calendar', which was still in use in Britain at the time) instead of 27 June according to the Gregorian calendar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Edward E. Morris, The Early Hanoverians, London, 1886, pp. 123–27.
  2. ^ See DBNL.