Persian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Persian
053 Persian.png
Nomor Pokédex
Nasional
#053
Sebelumnya Selanjutnya
Meowth (#052) Psyduck (#054)
Regional
Kanto #053
Johto #139
Hoenn #242
Penampilan perdana
Permainan Pokémon Red and Blue
Info produksi
Generasi I (Pertama) - 1996
Perancang Ken Sugimori

Persian (ペルシアン Persian?) merupakan salah satu nama untuk karakter hewan fiksi dari serial Pokémon. Persian merupakan bentuk evolusi dari Meowth di level 28.

Profil[sunting | sunting sumber]

Persian merupakan seekor kucing besar, mirip singa gunung (Puma). Warna tubuhnya adalah coklat muda, mirip bentuk pendahulunya, Meowth. Mereka banyak ditemukan di pinggir perkotaan, dan senang berburu di malam hari. Makanan yang mereka sukai antara lain, hewan lautan, tikus, dan burung. Berat rata-rata mereka adalah 70.5 lbs, dengan tinggi sekitar 3.03 kaki. Nama Persian diambil dari kata Persian Cat dalam bahasa Inggris. Beberapa yang lain ada yang menganggap bahwa Persian adalah bentuk modifikasi dari kucing Siam. Bulatan permata yang ada di kepalanya merupakan modifikasi dari mitos hewan legenda kucing yang terkenal di daerah Amerika Latin.

Sebagai predator, kemampuan utama Persian adalah berburu menggunakan cakar (dalam game disebut sebagai Scratch). Namun bila diperlukan mereka juga bisa mengeluarkan jurus Giga Impact dan Hyper Beam.

Ciri lain yang menjadi kekhasan dari Persian adalah di kepalanya ia memiliki sebuah perhiasan mirip permata berwarna merah di bagian atas kepalanya. Persian juga memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap suara. Ia akan mencari tahu apa sumber suara tersebut, untuk kemudian memainkannya bila tidak berbahaya, atau akan menyerang dan menghabisinya jika sekiranya sumber suara tersebut membahayakan diri sang Persian.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

Serial animasi[sunting | sunting sumber]

Giovanni, sang pemimpin Team Rocket memiliki Persian sebagai Pokémon utamanya. Pertama kali muncul dalam Episode #EP015. Persian yang dimiliki Giovanni selalu berada di sampingnya ke mana pun Giovanni pergi, beberapa orang menyebut bahwa hal ini berbasis dari kucing putih milik Ernst Stavro Blofeld dalam James Bond. Meowth yang dimiliki oleh duet Jessie dan James adalah rival utama dari Persian yang dimiliki Giovanni.

Seekor Persian lain terlihat dalam episode #EP070, di mana Persian yang disebutkan muncul sebagai pemimpin kawanan Meowth, yang kemudian malah menyerang balik Meowth milik Team Rocket yang sangat berbeda dengan kawanan Meowth yang ada di sekitarnya.

Ash Ketchum juga sempat melawan seekor Persian yang berencana akan mencuri Squirtle miliknya untuk dijadikan santap malam. Persian liar tersebut kalah oleh serangan petir dari Pikachu.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Persian tampil dalam tiga generasi pertama Pokémon (Kanto, Johto, dan Hoenn). Di seri G4 (Sinnoh) mereka hanya bisa tampil lewat cara penukaran atau memakai kode curang Action Replay.

Dalam seri video game G1 sampai G3 dijelaskan bahwa Persian memiliki kemampuan untuk menguasai jurus Pay Day. Tetapi sejak seri G4 jurus tersebut tidak lagi bisa dikuasai oleh Persian.

Artikel terkait[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]