Persatuan Gereja-gereja Prussia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Persatuan Gereja-Gereja Prusia
Persatuan ini membentuk salah satu badan Protestan terbesar di Eropa, menyatukan sebagian besar umat Protestan Jerman ke dalam satu gereja. Prusia tahun 1817 dalam warna biru gelap.
PenggolonganProtestan
OrientasiProtestan Bersatu (Lutheran dan Calvinisme)
WilayahPrusia
Kantor pusatBerlin
Didirikan1817
Penyatuan dariJemaat Lutheran dan Calvinist di Prusia
2003 dimasukkan ke dalam Persatuan Gereja-Gereja Injili (EKD); pusat dipindahkan dari Berlin ke Hanover

Persatuan Gereja-Gereja Prusia ( dikenal dengan beberapa nama lain ) adalah sebuah badan gereja Protestan utama yang muncul pada tahun 1817 dari serangkaian dekrit oleh Frederick William III dari Prusia yang menyatukan denominasi Lutheran dan Reformed di Prusia . Meskipun bukan yang pertama dari jenisnya , Uni Prusia adalah yang pertama terjadi di negara bagian besar Jerman.

Ini menjadi organisasi keagamaan independen terbesar di Kekaisaran Jerman dan kemudian Weimar Jerman , dengan sekitar 18 juta umat paroki. Gereja mengalami dua perpecahan (satu permanen sejak tahun 1830-an, satu sementara 1934-1948), karena perubahan dalam pemerintahan dan kebijakan mereka. Setelah menjadi gereja negara Prusia yang disukai pada abad ke-19, ia mengalami gangguan dan penindasan beberapa kali di abad ke-20, termasuk penganiayaan terhadap banyak umat paroki.

Pada 1920-an, Republik Polandia Kedua dan Lituania , dan pada 1950-an hingga 1970-an, Jerman Timur , Republik Rakyat Polandia , dan Uni Soviet , memberlakukan divisi organisasi permanen atau sementara, menghapus seluruh jemaat, dan mengambil alih properti gereja, memindahkannya baik untuk penggunaan sekuler atau ke gereja lain yang lebih disukai oleh berbagai pemerintah ini. Selama Perang Dunia Kedua , properti gereja dirusak atau dihancurkan oleh pengeboman strategis , dan pada akhir perang, banyak umat telah melarikan diri dari pasukan Soviet yang maju. Setelah perang, provinsi gerejawi yang lengkap menghilang setelahpenerbangan dan pengusiran orang Jerman yang tinggal di timur garis Oder-Neiße .

Dua periode pasca-perang melihat reformasi besar dalam Gereja, memperkuat partisipasi demokratis umat paroki. Gereja menghitung banyak teolog terkenal sebagai anggotanya, termasuk Friedrich Schleiermacher , Julius Wellhausen (sementara), Adolf von Harnack , Karl Barth (sementara), Dietrich Bonhoeffer , dan Martin Niemöller (sementara), untuk menyebutkan beberapa saja. Pada awal 1950-an, badan gereja diubah menjadi payung, setelah provinsi gerejawi sebelumnya mengambil alih kemerdekaan pada akhir 1940-an. Menyusul penurunan jumlah umat paroki karena krisis demografis Jerman dan meningkatnya agama, Gereja dimasukkan ke dalam Persatuan Gereja-Gereja Injili pada tahun 2003.

Referensi[sunting | sunting sumber]