Perpustakaan Bayern

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bayerische Staatsbibliothek Perpustakaan Bayern
Bahasa Inggris Bavarian State Library
Fassade v. links.jpg
Perpustakaan Bayern di Ludwigstrasse, Munich
Negara Jerman
Jenis Perpustakaan Ilmiah, Perpustakaan Daerah
Didirikan 1558
Lokasi Munich, Bayern
Koleksi
Koleksi buku 10,363,000
Informasi lain
Direktur Klaus Ceynowa
Situs web www.bsb-muenchen.de

Perpustakaan Bayern (Jerman: Bayerische Staatsbibliothek, disingkat BSB) adalah perpustakaan daerah Bayern dan salah satu perpustakaan Eropa yang terkenal sebagai perpustakaan dengan reputasi internasional.[1][2] Sebagai perpustakaan dengan koleksi sumber primer yang sangat besar, Perpustakaan Bayern mengumpulkan naskah langka dan karya bertema khusus dari berbagai kebudayaan, menjadikannya pusat informasi dan penelitian yang sangat terpadu bagi pelajar dan peneliti. Dengan jumlah koleksi lebih dari 10 juta karya nasional dan internasional dan langganan lebih dari 55.000 koran dan jurnal, Perpustakaan Bayern menjadi perpustakaan umum ilmiah yang terbesar kedua di Republik Federal Jerman dan perpustakaan dengan koleksi majalah terbesar di Eropa setelah Perpustakaan Britania.

Didirikan pada 1558 sebagai perpustakaan Dinasti Wittelsbach, Perpustakaan Bayern mengumpulkan salinan sah dari tiap karya yang dirilis di Bayern sejak 1663, menjadikan Perpustakaan Bayern sebagai pemegang peran penting dalam proyek katalog kepustakaan nasional dan produksi Collection of German Imprints (Sammlung Deutscher Drucke) untuk periode 1450-1600 dan karya musik yang diterbitkan hingga 1800.[1] Sesuai tradisi dan sejarahnya mengumpulkan naskah terbitan pra-1700, Perpustakaan Bayern fokus mengoleksi karya-karya yang dirilis di daerah Bayern, juga karya dengan bidang antikuitas dan klasika, sejarah, musik, Eropa Timur dan Tenggara, serta Oriental dan Timur Jauh, menjadikannya perpustakaan dengan koleksi naskah terbesar di dunia.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Seefeldt, Jürgen; Syré, Ludger (2011). Portals to the Past and to the Future - Libraries in Germany. Hildesheim: Georg Olms Verlag. hlm. 43. ISBN 978-3-487-14615-7. 
  2. ^ "The Bayerische Staatsbibliothek – Information for excellence". Bayerische Staatsbibliothek. 2017. Diakses tanggal 23 Oktober 2017.