Pernyataan tesis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Pernyataan Tesis[1] adalah suatu ide utama atau topik inti dalam suatu tulisan karya ilmiah atau karangan dan s ebagai sebuah tingkat lanjut asas pengembangan dalam suatu tulisan karya ilmiah atau karangan . Biasanya Pernyataan Tesis merupakan salah satu unsur pernyataan topik atau inti utama dari seluruh pernyataan inti utama yang terdapat dalam tulisan karya ilmiah atau karangan. Setiap tulisan karya ilmiah atau karangan harus mempunyai pernyataan tesis. Karena biasanya pernyataan tesis ini akan menjadi sebagai penanda untuk membina topik yang sesuai bagi tulisan karya ilmiah.[1] Secara teori terdapat dua jenis pernyataan tesis yaitu jenis ekspilisit ( secara tersirat) dan jenis implisit (secara tersurat). Pernyataan tesis yang dinyatakan secara langsung melalui pernyataan tesis yang terbentuk oleh dua unsur yaitu subjek dan fokus.[1] Subjek adalah pokok pembicaraan; pokok bahasan.[2] Sedangkan fokus adalah titik ; pusat; unsur yang menonjolkan suatu bagian kalimat sehingga perhatian pendengar (pembaca) tertarik pada bagian itu.[3]

Pernyataan tesis yang baik seharusnya dalam topik yang khusus, tidak terlalu luas atau tidak terlalu umum dan dinyatakan dengan bahasa yang baik, benar dan jelas. Selanjutnya pernyataan tesis yang menjadi tujuan pengembangan dari tulisan karya ilmiah milik pengarang atau penulis dapat dinyatakan melalui pernyataan yang dimaksud pengarang atau penulis. Hanya terdapat satu pernyataan tesis saja dalam sebuah tulisan karya ilmiah. Kedudukan pernyataan tesis biasanya berada di paragraf awal tetapi kadang - kadang bearada di paragraf akhir.[1] Dalam penyusunan karya ilmiah dibutuhkan perencanaan yang ketat mulai dari menetapkan topik tulisan, merencanakan tujuan dan merumuskan pernyataan tesis yang merupakan gagasan pengendali tulisan hingga merencanakan bagian per bagian dalam tulisan karya ilmiah.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Janan, Seri Lanang Jaya Rohani, Dahlia. Terampil Berbahasa (dalam bahasa Melayu). PTS Publications & Distributors Sdn Bhd. ISBN 9789670444031. 
  2. ^ Setiawan, Ebta. "Arti kata subjek - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.web.id. Diakses tanggal 2018-04-29. 
  3. ^ Setiawan, Ebta. "Arti kata fokus - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.web.id. Diakses tanggal 2018-04-29. 
  4. ^ Winarto, Yunita T.; Suhardiyanto, Totok; Choesin, Ezra M. (2016). Karya Tulis Ilmiah Sosial: Menyiapkan, Menulis, dan Mencermatinya. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. ISBN 9789794619537.