Permainan peran di atas meja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pemain selama sesi permainan peran di atas meja

Permainan peran di atas meja (bahasa inggris: tabletop role-playing game atau disingkat TRPG atau TTRPG) adalah klasifikasi permainan bermain peran di mana peserta atau pemain menggambarkan tindakan karakter mereka melalui ucapan. Seperti namanya sendiri, permainan peran di atas meja biasanya dimainkan bersama di atas meja. Peserta menentukan tindakan karakter mereka berdasarkan karakterisasi yang telah dibuat, [1] dan keberhasilan atau kegagalan tindakan ditentukan berdasarkan sistem aturan dan pedoman formal yang telah ditetapkan. Selama masih ada dalam lingkup peraturan, pemain memiliki kebebasan untuk berimprovisasi; pilihan mereka kemudian menentukan arah dan hasil dari permainan. [2]

Cara Bermain[sunting | sunting sumber]

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Pada sebagian besar permainan, terdapat peserta yang ditunjuk secara khusus, yang biasanya disebut game master (GM).GM berperan sebagai tuan rumah permainan yang menyiapkan atau membeli latar fiksi serta seperangkat aturan. Selain itu, GM juga berperan sebagai wasit yang mengatur jalannya permainan. Peserta lain yang tidak menjadi GM berperan sebagai pemain yang mengendalikan karakter masing-masing.

Secara garis besar, sebuah sesi permainan akan dimulai dengan GM menggambarkan dunia permainan serta penghuninya; pemain lain mendeskripsikan tindakan yang diinginkan dari karakter mereka, dan GM mendeskripsikan hasilnya. Beberapa hasil tindakan ditentukan oleh sistem permainan, dan ada pula yang dipilih langsung oleh GM. [2] Pola bermain ini dibentuk oleh permainan peran pertama yang diterbitkan, Dungeons & Dragons, namun tidak bersifat universal di semua permainan peran di atas meja.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kim, John. "What is a Role-Playing Game?". Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 September 2008. Diakses tanggal 9 September 2008. 
  2. ^ a b Kim, John. ""Narrative" or "Tabletop" RPGs". Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 August 2008. Diakses tanggal 9 September 2008.