Perkūnas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Tangan Perkūnas oleh Mikalojus Konstantinas Čiurlionis

Perkūnas (Lithuanian: Perkūnas, Latvian: Pērkons, bahasa Prusia Lama: Perkūns, Yotvingia: Parkuns, Finlandia: Perkele) adalah dewa petir Baltik dan merupakan salah satu dewa paling penting dalam mitologi Baltik. Ia berperan sebagai dewa guntur, hujan, pegunungan, pohon ek dan langit dalam mitologi Lituania dan Latvia.

Sebagian besar informasi mengenai Perkūnas berasal dari lagu-lagu tradisional, legenda dan cerita rakyat. Namun, sebagian besar dari kisah-kisah tersebut baru dikumpulkan pada akhir abad ke-19. Perkūnas pertama kali disebutkan oleh terjemahan "Kronik Ioannes Malalas" dalam bahasa Rusia pada tahun 1261 (yang menyebutkan pemujaan "Перкоунови рекше громоу") dan oleh Livländische Reimchronik sekitar tahun 1290 (yang menyebutkan berhala Perkūnė).

Perkūnas juga disebutkan di dalam daftar dewa Constitutiones Synodales (1530) sebelum dewa neraka Pikuls dan dianggap serupa dengan dewa Yupiter dalam mitologi Romawi. Sementara itu, Buku Sudovia mengaitkan Perkūnas (Parkuns) dengan ritual yang melibatkan kambing.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]