Perjanjian Salynas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Perjanjian Salynas
Ditandatangani12 Oktober 1398
Penandatangan

Perjanjian Salynas adalah sebuah perjanjian yang disepakati pada 12 Oktober 1398 oleh Haryapatih Lituania Vytautas yang Agung dan Grand Master Ksatria Teutonik Konrad von Jungingen.

Menurut perjanjian ini, Vytautas menjanjikan wilayah Samogitia kepada Ordo Teutonik. Perjanjian ini merupakan perjanjian ketiga (setelah Perjanjian Königsberg (1384) dan Perjanjian Lyck (1390)) yang menjanjikan wilayah tersebut kepada Ksatria Teutonik. Para ksatria sangat menginginkan wilayah ini untuk menghubungkan wilayah Ksatria Teutonik di Prusia dengan wilayah Ordo Livonia.

Perjanjian ini ditandatangani di sebuah pulau kecil di Sungai Neman, kemungkinan terletak di antara Kulautuva dengan mulut Sungai Nevėžis.[1] Untuk pertama kalinya, Vytautas dan Ksatria Teutonik mencoba memberlakukan penyerahan wilayah Samogitia, tetapi perjanjian ini tidak dapat menyelesaikan sengketa wilayah di Samogitia dan sengketa masih berlanjut hingga penandatanganan Perjanjian Melno pada tahun 1422.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ivinskis, Zenonas (1978). Lietuvos istorija iki Vytauto Didžiojo mirties (dalam bahasa Lituavi). Rome: Lietuvių katalikų mokslo akademija. hlm. 325–327. LCC 79346776.