Perjalanan Penyelidikan Ilmiah Jepang di Kutub Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kapal milik Jepang bernama Kainanmaru
Wilayah di Kutub Selatan yang dinyatakan benar milik Jepang bernama Yamato Yukihara (Aksara Kanji: 大和雪原, secara harafiah artinya Tanah Salju Yamato) juga terhitung sebagai hak utuh kewilayahan Selandia Baru di Kutub Selatan.
Paparan gambar seorang perwira bawahan ketentaraan Jepang bernama Nobu Shirase yang memimpin jalannya kegiatan penyelidikan ilmiah di Kutub Selatan.

Perjalanan Penyelidikan Ilmiah Jepang di Kutub Selatan atau Ekspedisi Jepang di Kutub Selatan (Bahasa Inggris: Japanese Antartic Expedition; Bahasa Jepang: 日本の南極観測; Peromawian bahasa Jepang: Nihon No Nankyokukansoku) adalah suatu kegiatan penjelajahan yang diadakan pada tahun 1910 untuk pertama kalinya di bawah kepemimpinan seorang perwira bawahan ketentaraan Jepang bernama Nobu Shirase dengan menaiki sebuah kapal bernama Kainan Maru yang berangkat menuju Kutub Selatan dari kota Tokyo sejak bulan Desember 1910 lalu berhasil sampai di daerah penuh air beku itu pada tanggal 26 Februari 1911. Setelah itu, rombongan kapal tersebut mulai mengarungi Laut Ross dengan tujuan Pulau Koulmen. Dengan sebab waktu yang tidak mendukung berkaitan dengan musim dan cuaca di daerah Kutub Selatan, kapal Kainan Maru pun tidak sanggup menjangkau daerah Pulau Koulmen. Rombongan kapal tersebut memutuskan berbalik arah menuju kota Sydney, Australia sebagai tempat menghabiskan waktu bermusim dingin.[1][2]

Masih pada saat tengah waktunya musim dingin, seluruh rombongan itu mengupayakan agar bisa sampai mendarat di kawasan pesisir Kutub Selatan;hal tersebut sudah termasuk percobaan mereka untuk ketiga kalinya. Sasaran khusus yang akan mereka tujukan pada saat itu adalah meneroka Tanah Semenanjung Raja Edward VII. Saat tiba di Paparan Air Beku Ross, kebetulan kapal Kainan Maru tidak sengaja memantau keberadaan kapal Fram milik Roald Amundsen yang saat itu sedang menunggu di Teluk Paus untuk menantikan kedatangan rombongannya yang turut menapakkan kaki di Kutub Selatan.[3]

Sumber acuan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Memorial plaque to the Japanese Antarctic Expedition visit to Parsley Bay, Sydney in 1911 (Logam Piagam Tanda Peringatan Tentang Kunjungan Pihak Penyusunan Acara Perjalanan Penyelidikan Ilmiah Jepang di Antarktika Menuju Teluk Parsley, Kota Sydney Di Tahun 1911)". www.australiaforvisitors.com. Diakses tanggal 24 May 2016. 
  2. ^ Sue Myatt, Professor Edgeworth David and the Shirase Expedition Diarsipkan 2018-05-11 di Wayback Machine. (Perjalanan Penyelidikan Ilmiah Nobu Shirase dan Edgeworth David), australianmuseum.net.au, Diperoleh kembali pada tanggal 4-7-2017.
  3. ^ Amundsen, Vol II, pp. 271–72