Perisai Data Kaktus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perisai Data Kaktus (Bahasa Inggris Cactus Data Shield) adalah bentuk perlindungan salinan CD/DVD untuk cakram padat audio yang dikembangkan oleh perusahaan Israel Midbar Technologies.[1][2] Ini telah digunakan secara luas oleh EMI (selanjutnya diakuisisi oleh Sony Music) dan BMG serta anak perusahaan mereka. Perisai Data Kaktus pada dasarnya bergantung pada dua komponen: Navigasi Cakram yang Salah dan Korupsi Data. Sejak September 2006, semua produk perlindungan salinan CD Macrovision, termasuk Perisai Data Kaktus, diam-diam menghilang dari situs web mereka. Billboard edisi Desember 2006 mengumumkan bahwa EMI telah memutuskan untuk meninggalkan kontrol penyalinan di seluruh dunia.[3]

Navigasi Cakram yang Salah[sunting | sunting sumber]

Cakram Perisai Data Kaktus berisi sesi audio awal,[4] mirip dengan cakram yang tidak dilindungi. Selain itu, cakram berisi sesi (data) kedua dan pemutar perangkat lunak yang dikonfigurasi untuk pemutaran otomatis dengan versi audio terkompresi berkualitas rendah agar dapat diputar.

Sesi kedua pada cakram menyebabkan beberapa pemutar CD/DVD eror,[4] biasanya beberapa pemutar mobil (Diduga penggunaan mekanisme penggerak CD-ROM) dan beberapa pemutar MP3 tidak dapat memproses data sesi kedua. Sesi kedua telah dielakkan dengan metode lain, yaitu dengan menempatkan selotip di sekitar cakram dekat tepi, atau menandai strip di samping tepi dengan spidol permanen. Karena ini adalah cakram multi-sesi, metode ini akan menyembunyikan sesi kedua, sehingga hanya sesi audio pertama yang terlihat. Pada sistem operasi Windows yang lebih lama, menonaktifkan pemutaran otomatis saat sedang terjadi pemrosesan cakram dapat menghentikan peluncuran/pengaktifan pemutar perangkat lunak. Versi Windows yang lebih baru sejak Vista telah memperbaiki kerentanan auto-run sehingga yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memilih untuk tidak menjalankan perangkat lunak. Efek samping dari sesi kedua yang berisi musik dalam bentuk terkompresi adalah durasi maksimum musik pada cakram Perisai Data Kaktus berkurang, menjadi sekitar 70 mennit serta ruang yang tersisa digunakan untuk audio terkompresi.

Korupsi Data[sunting | sunting sumber]

Aspek kedua dari Perisai Data Kaktus adalah rentan akan kerusakan data audio, seperti yang dijelaskan dalam paten Midbar "Pencegahan pembajakan cakram" nomor paten AS6.425.098.[5] Singkatnya, metode mendeteksi selama proses mastering (audio) ketika bentuk gelombang musik mendekati “garis lurus” (informasi pada cakram dikodekan dalam blok atau sektor, setiap sektor berisi 98 bingkai musik untuk cakram CDDA) dan menandai frame serta menggantinya dengan data yang salah yang melanggar T.sub.max (menurut IEC 908) di mana tidak ada transisi antara level data tinggi dan data rendah (1 ke 0 atau 0 ke 1). Ini menghasilkan kesalahan DSV (Nilai Jumlah Digital) pada cakram. Kerusakan data tambahan yang dijelaskan dalam paten termasuk menambahkan entri duplikat TOC (Daftar isi) dari sesi audio ke data sesi kedua. Beberapa drive CD lama hanya akan melihat kesalahan sesi kedua (seperti waktu dan jenis trek) dan tidak dapat menyalin atau memutarnya. Metode lain adalah mengubah waktu mulai Lead-Out (akhir cakram) ke waktu yang salah di TOC. Proses paten lainnya termasuk mengubah waktu di saluran Q sehingga menahan, mempercepat, atau memutar media secara mundur.

Impretasi Data yang Rusak[sunting | sunting sumber]

Pemutar CD kuno membaca subkode dengan benar melihat bingkai audio yang hilang dan menginterpolasi informasi yang hilang yang tidak dapat diperbaiki menggunakan informasi dari bingkai lain. Karena frame yang hilang ini terjadi pada titik-titik di mana bentuk gelombang hampir merupakan garis lurus, interpolasi ini sangat akurat dan umumnya transparan bagi pengguna. Apa yang terjadi dengan drive komputer sangat spesifik untuk perangkat keras dan firmware drive yang bersangkutan, dengan asumsi mereka setidaknya telah melihat sesi data kedua dan dapat memutar sesi audio. Beberapa drive lama mengabaikan subkode dan "memutar" bingkai data, menghasilkan gangguan audio yang keras. Beberapa diliputi oleh jumlah kesalahan yang memerlukan koreksi dan interpolasi, dan drive ini kemudian dapat menghasilkan gangguan sesekali. Ripping pada kecepatan minimum drive dapat mengurangi atau menghilangkan efek ini.[4] Mayoritas drive baru dapat berhasil memperbaiki dan menginterpolasi semua audio yang hilang bahkan pada kecepatan ripping maksimum.

Dampak[sunting | sunting sumber]

Teknik yang digunakan pada cakram Perisai Data Kaktus berarti cakram tersebut tidak sesuai dengan standar Red Book Audio Digital Compact Disc, dan oleh karena itu tidak memiliki logo Red Book. Untuk alasan ini mereka tidak boleh disebut sebagai CDDA (Compact Disc Digital Audio). Ada juga masalah etika/hukum seputar penjualan cakram yang tidak dapat diputar secara andal di semua pemutar, di mana kesalahan tambahan membuat cakram lebih mudah terpengaruh oleh akumulasi kerusakan seumur hidup, dan di mana data audio aktual telah dihilangkan. Salah satu CD yang dirilis paling awal menggunakan perlindungan salinan adalah White Lilies Island oleh Natalie Imbruglia, yang menggunakan Perisai Data Kaktus dan dirilis pada November 2001. Dengan hanya sedikit menyebutkan CD dalam cetakan kecil dari kotak CD, album ini menjadi subyek banyak keluhan dari konsumen yang menemukan bahwa mereka tidak dapat memutar CD pada komputer non-Windows, konsol game dan beberapa perangkat lainnya. Kasus termasuk Xbox berulang kali hanya memainkan sebagian kecil trek 1, sementara pengguna PlayStation 2 dapat memutar trek 2 tetapi tidak dapat memutar trek 1. BMG kemudian memberikan salinan CD ini kepada konsumen. Hanya rilis Eropa awal yang dilindungi dari salinan.[6]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Macrovision membuat sejumlah klaim kontroversial tentang perangkat lunak yang kemudian terbukti salah:

"This Macrovision technology does NOT install spyware or vaporware of any kind on a users PC. In fact, CDS-200 does not install software applications of any kind on a user's PC. All the copy protection in CDS-200 is hardware based, meaning that it is dependent on the physical properties and the format of the CD. None of the copy protection in CDS-200 requires software applications to be installed onto a computer."[7][8]

Pada saat yang sama, laporan yang beredar luas bahwa perangkat lunak Macrovision berperilaku dengan cara yang tidak dapat dibedakan dari virus komputer juga terbukti salah, seperti anggapan bahwa perangkat lunak tersebut menyediakan perlindungan salinan yang substansial.[9]

Perangkat lunak Perisai Data Kaktus Macrovision pada dasarnya ada dalam dua versi, "Perisai Data Kaktus-200" danberikutnya "Perisai Data Kaktus-300".[10]

Versi[sunting | sunting sumber]

Versi pertama dari sistem ini adalah Perisai Data Kaktus-100 dan Perisai Data Kaktus-200.[11] Pada Perisai Data Kaktus-100 hanya mencegah semua pemutaran PC, sedangkan di Perisai Data Kaktus-200 dapat dilakukan pemutaran penuh pada pemutar audio dan PC tanpa mengizinkan penyalinan.[12] Kemudian, sistem Perisai Data Kaktus-300 yang memiliki fitur perlindungan perangkat lunak aktif diperkenalkan.[13]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Macrovision moves to acquire Midbar group". MusicWeek. November 11, 2002. Diakses tanggal 01/12/2021. 
  2. ^ "Cactus Data Shield Explained". everything.explained.today. Diakses tanggal 02-12-2021. 
  3. ^ Caroline, McCarthy (3 April 2007). "EMI, Apple partner on DRM-free premium music". CNET News. Diakses tanggal 01-12-2021. 
  4. ^ a b c "Cactus Data Shield 200 - Printer Friendly version with Comments". www.cdrinfo.com. Diakses tanggal 2021-12-09. 
  5. ^ Sinquin, Patrice; Philippe Selve & Ran Alcalay, "Prevention of disk piracy", https://drive.google.com/file/d/1Z4B2K-QQETHSrXErl7EVGfu52vfUutUb/view?usp=sharing. Diakses 2021-12-10
  6. ^ Fox, Barry (2001-11-20). "Fans get free replacement of copy-protected CD". New Scientist (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-10. 
  7. ^ Greene, Thomas C. "Beastie Boys claim no virus on crippled CD". www.theregister.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 02-12-2021. 
  8. ^ "New Scientist". web.archive.org. 2004-07-05. Archived from the original on 2004-07-05. Diakses tanggal 02-12-2021. 
  9. ^ Attivissiom, Paolo (2004-08-16). "On the Beastie Boys 'virus' CD: Does not attempt world domination". The Register. Diakses tanggal 02-12-2021. Widely-circulated claims that the Beastie Boys' new album To the 5 Boroughs exhibits virus-like copy-control behaviour are unfounded, according to tests. EMI's statement regarding these claims, however, is incorrect, since the album does install software if played on a Windows PC. The tests also show that the copy control system on the disc is so weak that Mac and Linux users won't even realize it's there. 
  10. ^ Smith, Tony (2004-07-26). "Macrovision preps '99% effective' CD lock-in tech". The Register. Diakses tanggal 02-12-2021. Macrovision is set to roll out an updated version of its CDS-300 system that it claims can beat attempts to bypass Windows' auto-run feature. CDS-300 was launched earlier this year and like older versions blocks access to the CD audio, 'Red Book' portion of a disc when it's played on a PC. Instead, PC users are provided with compressed audio files on a data portion of the disc. While Macrovision initially provided its own playback software, CDS 300 relies on Windows' auto-run feature to fire up Windows Media Player, but this can be bypassed by holding down the Shift key. CDS 300 Version 7 has sufficent hardware protection - errors in the data, essentially - to block attempts to rip a protected disc's CD audio session. 
  11. ^ "Cactus Data Shield – Music and Audio" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-10. 
  12. ^ Broersma, Matthew. "CD's now protected against felt-tips". ZDNet (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-12-10. 
  13. ^ "Macrovision preps '99% effective' CD lock-in tech". The Register. Diakses tanggal 2021-12-10.