Perenjis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perenjis menyemprotkan air untuk mengairi tanaman anggur di kebun anggur

Perenjis atau penyiram irigasi (Inggris: irrigation sprinkler) adalah alat yang digunakan untuk mengairi tanaman pertanian, halaman rumput, bentang lahan, lapangan golf, dan area lainnya. Mereka juga digunakan untuk pendinginan dan pengendalian debu di udara. [ kutipan diperlukan ] Pengairan dengan menggunakan perenjis adalah metode pengairan air secara terkendali mirip dengan curah hujan. Air didistribusikan melalui jaringan yang dapat terdiri dari pompa, katup, pipa, dan kepala perenjis.[1]

Perenjis irigasi dapat digunakan untuk keperluan perumahan, industri, dan pertanian. Hal ini berguna pada tanah yang tidak rata dimana tidak tersedia cukup air dan juga pada tanah berpasir. Pipa tegak lurus, dengan nozel berputar di atasnya, disambung ke pipa utama secara berkala. Ketika air diberi tekanan melalui pipa utama, air keluar dari nozel yang berputar. Itu akan dihamburkan pada tanaman.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Industri[sunting | sunting sumber]

Perenjis bertekanan tinggi yang bergerak dalam lingkaran digerakkan oleh penggerak bola, penggerak roda gigi, atau mekanisme tumbukan ( penyiram tumbukan ). Ini dapat dirancang untuk berputar dalam lingkaran penuh atau sebagian.

Banyak alat perenjis irigasi yang terkubur di dalam tanah bersama dengan pipa pendukungnya, meskipun perenjis di atas tanah dan bergerak juga umum digunakan. Kebanyakan alat perenjis irigasi beroperasi melalui teknologi listrik dan hidrolik dan dikelompokkan bersama dalam zona yang dapat dihidupkan dan dimatikan secara kolektif dengan menggerakkan katup solenoid .

Perumahan[sunting | sunting sumber]

Perenjis getaran biasanya digunakan untuk menyiram halaman perumahan, dan dipindahkan sesuai kebutuhan.

Perenjis rumput rumah sangat bervariasi dalam ukuran, biaya, dan kerumitannya. Ini termasuk alat penyiram tumbukan, alat perenjis getaran, perenjis tetes, sistem perenjis bawah tanah, dan perenjis portabel. Sistem yang dipasang secara permanen sering kali beroperasi pada pengatur waktu atau proses otomatis lainnya. Kadang-kadang dipasang dengan kepala yang dapat ditarik untuk alasan estetika dan praktis, sehingga mengurangi kerusakan selama pemotongan rumput . Sistem jenis ini biasanya dapat diprogram untuk memulai secara otomatis pada waktu dan hari tertentu setiap minggunya.

Perenjis portabel berukuran kecil dapat ditempatkan sementara di halaman rumput jika diperlukan penyiraman tambahan atau jika tidak ada sistem permanen yang tersedia. Ini sering kali dipasang pada keran air luar ruangan dan ditempatkan untuk waktu yang singkat. Sistem lain mungkin dipasang secara profesional secara permanen di dalam tanah dan dipasang secara permanen ke sistem perpipaan rumah.

Ilmu Pertanian[sunting | sunting sumber]

Penggunaan pertama perenjis oleh petani adalah perenjis jenis rumah dan lapangan golf. Irigasi poros tengah ditemukan pada tahun 1940 [2] oleh petani Frank Zybach, yang tinggal di Strasburg, Colorado. Pada tahun 1950-an, Sistem Irigasi Stout-Wyss, sebuah perusahaan yang berbasis di Portland, Oregon, mengembangkan sistem irigasi tipe pipa bergulir untuk pertanian yang telah menjadi tipe paling populer bagi petani yang mengairi lahan luas. Dengan sistem ini, roda besar yang dipasang pada pipa besar dengan kepala perenjis bergerak perlahan melintasi lapangan.[3]

Bawah tanah[sunting | sunting sumber]

Perenjis bawah tanah berfungsi melalui teknologi dasar elektronik dan hidrolik. Katup dan perenjis ini akan diaktifkan oleh katup utama yang dikenal sebagai zone. Setelah aktivasi, solenoid, yang berada di atas katup menjadi magnet dan mengangkat pendorong baja tahan karat kecil di tengahnya. Dengan melakukan ini, pendorong yang diaktifkan (atau dinaikkan) memungkinkan air keluar dari bagian atas diafragma karet yang terletak di tengah katup. Air yang telah terisi dan menunggu di dasar diafragma yang sama kini mempunyai tekanan lebih tinggi dan mengangkat diafragma. Air bertekanan ini kemudian dibiarkan keluar dari aliran katup melalui serangkaian pipa, biasanya terbuat dari PVC (sistem komersial bertekanan tinggi) atau pipa polietilen (untuk sistem perumahan bertekanan rendah). Di ujung pipa-pipa ini dan siram ke permukaan tanah (biasanya) telah diukur sebelumnya dan diberi jarak alat penyiram. Perenjis ini dapat berupa kepala semprotan tetap yang memiliki pola tetap dan umumnya menyemprot antara 15 dan 2 m (49 dan 7 ft), alat penyiram berputar penuh yang dapat menyemprotkan aliran air pecah dari 6 hingga 12 m (20 hingga 40 ft), atau penghasil tetesan kecil yang melepaskan tetesan air secara perlahan dan stabil pada tanaman yang lebih halus seperti bunga dan semak. Penggunaan bahan-bahan asli juga dianjurkan. [4]

Resiko kesehatan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2017, dilaporkan bahwa penggunaan selang taman umum yang dikombinasikan dengan nozel semprot dapat menghasilkan aerosol yang mengandung tetesan lebih kecil dari 10 μm (6,2×10−9 mi), yang dapat terhirup oleh orang di sekitar. Air yang tergenang dalam selang di sela-sela penggunaan, terutama saat dihangatkan oleh sinar matahari, dapat menjadi tempat pertumbuhan dan interaksi Legionella dan amuba yang hidup bebas (FLA) sebagai biofilm pada permukaan bagian dalam selang. Kasus klinis penyakit Legionnaires atau demam Pontiac ditemukan berhubungan dengan inhalasi aerosol selang taman yang mengandung bakteri Legionella. Laporan ini memberikan pengukuran kepadatan mikroba yang dihasilkan dari kondisi selang yang terkontrol untuk mengukur risiko kesehatan manusia. Kepadatan Legionella spp. yang diidentifikasi dalam dua jenis selang ternyata serupa dengan yang dilaporkan selama wabah legionellosis karena penyebab lain. Diusulkan agar risiko ini dapat dikurangi dengan mengeringkan selang setelah digunakan. [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "CHAPTER 5. SPRINKLER IRRIGATION". www.fao.org. Diakses tanggal 2016-08-26. 
  2. ^ Morgan, Robert (1993). Water and the Land. Cathedral City, CA: Adams Publishing Corp. hlm. 35–36. ISBN 0935030026. 
  3. ^ "Irrigation Pipe on Wheels Move Across Fields", July 1950 Popular Science, bottom of page 114
  4. ^ Howser, Huell (November 8, 2010). "Rainbird – California's Gold (12002)". California's Gold. Chapman University Huell Howser Archive. 
  5. ^ Thomas, Jacqueline M.; Thomas, Torsten; Stuetz, Richard M.; Ashbolt, Nicholas J. (2014). "Your Garden Hose: A Potential Health Risk Due toLegionellaspp. Growth Facilitated by Free-Living Amoebae". Environmental Science & Technology. 48 (17): 10456–10464. Bibcode:2014EnST...4810456T. doi:10.1021/es502652n. ISSN 0013-936X. PMID 25075763.