Perebakan tornado Tupelo–Gainesville 1936

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Perebakan tornado Tupelo–Gainesville 1936
JenisPerebakan tornado
Tempo5–6 April 1936
Tornado dikonfirmasi≥ 12
Kedudukan maks.1Tornado F5
Tempo serangan tornado212–16 jam
Kerusakan$3 juta di Tupelo, $12.5 juta di Gainesville, Georgia
Korban≥ 454 korban jiwa, >2498 korban luka-luka
Kawasan terdampakSelatan Amerika Serikat
1Kerusakan tornado yang buruk; lihat Skala Fujita
2Masa dari tornado pertama hingga tornado terakhir

Perebakan tornado Tupelo–Gainesville 1936 adalah sebuah perebakan[1] dari sekitar 12 tornado yang menyerang Tenggara Amerika Serikat dari 5–6 April 1936. Sekitar 454 orang tewas akibat tornado-tornado tersebut—419 oleh dua tornado sendiri. Perebakan tersebut adalah peristiwa paling mematikan kedua yang tercatat dalam sejarah AS. Meskipun perebakan tersebut berpusat di Tupelo, Mississippi, dan Gainesville, Georgia, dimana tornado paling mematikan keempat dan kelima dalam sejarah AS masing-masing terjadi, tornado destruktif lainnya yang berkaitan dengan perebakan tersebut menyerang Columbia, Tennessee; Anderson, South Carolina; dan Acworth, Georgia.

Ini adalah satu-satunya perebakan tornado berkelanjutan dalam sejarah AS yang menghasilkan lebih dari satu tornado dengan jumlah korban tewas tiga kali lipat. Banjir bandang akibat angin ribut tersebut membuat kerusakan senilai jutaan dolar di sepanjang kawasan tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Schneider, Russell S.; Harold E. Brooks; Joseph T. Schaefer. "Tornado Outbreak Day Sequences: Historic Events and Climatology (1875–2003)" (PDF). Norman, Oklahoma: Storm Prediction Center. hlm. 11. Diakses tanggal 7 June 2013. 

Karya yang dikutip

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

  • Ramage, Martis, Jr. (1997). Tupelo, Mississippi, Tornado of 1936. Northeast Mississippi Historical and Genealogical Society.

Pranala luar dan referensi[sunting | sunting sumber]

Sejarah lisan tornado Tupelo[sunting | sunting sumber]