Perdagangan batu giok di Myanmar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perdagangan batu giok di Myanmar terdiri dari penambangan, distribusi, dan pembuatan batu giok—berbagai jenis batu giok—di negara Myanmar. Deposit batu giok yang ditemukan di wilayah utara Myanmar adalah sumber batu giok kualitas tertinggi di dunia, yang dicatat oleh sumber-sumber di Tiongkok sejak abad ke-10. Budaya Tiongkok menempatkan bobot yang signifikan pada arti batu giok; seiring berkembangnya pengaruh mereka di Myanmar, demikian pula industri batu giok dan praktik ekspor mineral berharga.

Myanmar memproduksi lebih dari 70 persen pasokan batu giok berkualitas tinggi dunia.[1][2] Sebagian besar batu giok Myanmar diekspor ke negara lain, terutama Asia, untuk digunakan dalam perhiasan, karya seni, dan ornamen. Sebagian besar produksi dilakukan oleh Myanmar Gem Enterprise (MGE), sebuah badan usaha milik negara yang memiliki aset likuid yang cukup untuk berjalan sendiri selama 172 tahun.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Egreteau, Renaud (October 11, 2011). "Jade or JADE? Debating International Sanctions on Burma's Gem Industry". Asia Pacific Journal (132). 
  2. ^ Hughes, Richard W. (2000) "Burmese Jade: The Inscrutable Gem, Part I: Burma's Jade Mines" Pala International
  3. ^ Ryder, Brett. "Myanmar's state-owned enterprises show how much reform is still needed". Diakses tanggal 7 July 2020.