Lompat ke isi

Perangkat semikonduktor daya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Perangkat semikonduktor daya adalah perangkat semikonduktor yang digunakan sebagai sakelar atau penyearah dalam elektronika daya (misalnya pada catu daya mode sakelar). Perangkat semacam itu juga disebut perangkat daya atau, bila digunakan dalam sirkuit terpadu, IC daya.

Perangkat semikonduktor daya biasanya digunakan dalam "mode pergantian" (yaitu aktif atau nonaktif), dan oleh karena itu memiliki desain yang dioptimalkan untuk penggunaan tersebut; biasanya tidak digunakan dalam operasi linier. Rangkaian daya linier banyak digunakan sebagai pengatur tegangan, penguat audio, dan penguat frekuensi radio.

Semikonduktor daya ditemukan dalam sistem yang menyalurkan hanya beberapa puluh miliwatt untuk amplifier headphone, hingga sekitar satu gigawatt dalam saluran transmisi arus searah tegangan tinggi.

Beberapa perangkat daya yang umum adalah

  • MOSFET daya
  • dioda daya
  • thyristor
  • IGBT

Dioda daya dan MOSFET daya beroperasi dengan prinsip serupa dengan dioda berdaya rendah, namun mampu membawa arus dalam jumlah lebih besar dan biasanya mampu menahan tegangan bias balik yang lebih besar dalam keadaan mati .

Referensi[sunting | sunting sumber]