Perancangan perkotaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Perancangan perkotaan berhubungan dengan perencanaan kota, tetapi memfokuskan pada perancangan fisik suatu tempat dan berhadapan dengan skala yang lebih detail. Dia dapat termasuk seni dari perancangan perkotaan dan unsur arsitektur dan arsitektur lansekap. Perabot jalan memainkan peran yang semakin penting dalam perencanaan kota dan menambah pemasukan kota dengan iklan luar rumah.

Perancangan perkotaan mengarah ke perhatian kolektif serius untuk ruang tiga-dimensi dan pemikiran sebanyak mungkin terhadap area publik antara atau di bawah gedung seperti untuk gedung itu sendiri. Ini akan membutuhkan pengertian terhadap iklim mikro, ketahanan material, kepraktisan perawatan dan harapan dari pengguna masa depan.

Urban design dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu yang sadar-diri dan yang tidak sadar-diri.

  • Urban design yang sadar-diri adalah yang diciptakan oleh orang-orang yang menganggap diri mereka sebagai designer. Kepentingan mereka adalah mempergunakan keahlian design mereka untuk menciptakan suatu lingkungan perkotaam yang nyaman. Suatu design yang sadar-diri biasanya didasarkan dengan jelas.


  • Urban design yang tidak sadar-diri adalah yang diciptakan oleh orang-orang yang tidak menganggap diri mereka sebagai designer, tetapi mempunyai peranan dalam mempengaruhi bentuk lingkungan perkotaan. Suatu design yang tidak sadar-diri biasanya didasarkan pada intuisi-intuisi yang tidak dikemukakan dengan jelas.


Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Catanese, Anthony J, James. C Snyder, Susongko. 1986. Pengantar Perencanaan Kota. Jakarta: Penerbit Erlangga

Pranala luar[sunting | sunting sumber]