Penyewaan sepeda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penyewaan sepeda di Melbourne

Penyewaan sepeda adalah sebuah layanan dimana sepeda-sepeda disediakan untuk dipakai orang-orang dengan bayaran atau gratis. Kebanyakan penyewaan sepeda membolehkan orang untuk meminjan sepeda dari sebuah "dok" dan mengembalikannya ke dok lain yang masih dimiliki oleh penyewa yang sama. Dok adalah rak sepeda yang mengunci sepeda, dan hanya dapat dilepas dengan kendali komputer. Pemakai memasuki informasi pembayaran, dan komputer membuka kunci dari speeda tersebut, Pemakai mengembalikan sepeda dengan menempatkannya di dok tersebut, yang menguncikannya di tempat. Sistem lain adalah tanpa dok. Untuk kebanyakan sistem, aplikasi web telepon pintar menampilkan sepeda dan dok terbuka yang tersedia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

 sepeda sewa Gowes di Jakarta
Deretan sepeda sewa Gowes di kawasan Bundaran HI, Jakarta

Novel Ernest Callenbach Ecotopia (1975) mengilustrasikan gagasan tersebut. Dalam novel utopia soal masyarakat yang tak memakai bahan bakar fosil, Callenbach menyebut penyewaan sepeda yang disediakan kepada para penduduk dan merupakan bagian terintegrasi dari sistem angkutan umum.[1]

Catatan[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Callenbach, Ernest (1975). Ecotopia. Ernest Callenbach (first self-published as Banyan Tree Books). hlm. 181. ISBN 978-0-553-34847-7. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]