Penyetrum serangga

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alat penyetrum serangga luar ruangan

Penyetrum serangga, lebih formalnya disebut sistem pengendalian serangga pelepasan listrik, pembunuh serangga listrik atau perangkap listrik (serangga), adalah alat yang menarik dan membunuh serangga terbang yang tertarik oleh cahaya . Sumber cahaya menarik serangga ke jaringan listrik, di mana mereka tersengat listrik dengan menyentuh dua kabel bertegangan tinggi di antara keduanya.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Penyetrum serangga biasanya ditempatkan di dalam sangkar pelindung yang terbuat dari plastik atau batangan logam yang diarde untuk mencegah orang atau hewan yang lebih besar menyentuh jaringan tegangan tinggi. Sumber cahaya dipasang di dalamnya, sering kali berupa lampu neon yang dirancang untuk memancarkan cahaya tampak dan ultraviolet, yang dapat dilihat oleh serangga dan menarik berbagai jenis serangga. [1] [2] Model-model baru sekarang menggunakan LED yang tahan lama untuk menghasilkan cahaya. Sumber cahaya dikelilingi oleh sepasang kisi-kisi kawat telanjang atau heliks yang disisipkan. Jarak antara kabel yang berdekatan biasanya sekitar 2 mm (0,079 in) .

Catu daya tegangan tinggi yang ditenagai oleh daya dinding digunakan, yang dapat berupa rangkaian pengganda tegangan tanpa transformator sederhana yang dibuat dengan dioda dan kapasitor yang dapat menghasilkan tegangan 2 kilovolt atau lebih. Tingginya cukup untuk menghantarkan api melalui tubuh serangga yang menjembatani kedua jaringan tersebut, namun tidak cukup tinggi untuk memicu percikan api melintasi celah udara. Arus listrik yang cukup mengalir melalui tubuh kecil serangga untuk memanaskannya hingga suhu tinggi. [3] Impedansi catu daya dan susunan jaringan listrik sedemikian rupa sehingga tidak dapat mengalirkan arus berbahaya ke seluruh tubuh manusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Tabanidae Attracted to an Ultraviolet Light Trap,Darrell W. Anthony,The Florida Entomologist, Vol. 43, No. (Jun., 1960), pp. 77-80 Published by: Florida Entomological Society DOI: 10.2307/3492383 https://www.jstor.org/stable/3492383
  2. ^ Insect Vision: Ultraviolet, Color, and LED LightMarianne Shockley Cruz Ph.D. and Rebecca LindnerUniversity of Georgia Department of Entomology November 2011. https://www.discoverlife.org/moth/OTHER/InsectVision_UVColorandLEDLight.pdf
  3. ^ Freudenrich, Craig (11 July 2001). "Bug Zappers". How Stuff Works. Diakses tanggal 2009-10-22.