Penyerbu bertahan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
LeBron James, salah satu penyerbu bertahan NBA.

Small forward atau penyerbu bertahan adalah salah satu posisi dalam permainan bola basket yang membutuhkan pemain dengan berbagai variasi kemampuan.[1] Tinggi badan seorang penyerbu bertahan berkisar antara 6.4-6.8 kaki untuk pemain pria dan 5.11-6.3 kaki untuk pemain wanita.[2] Biasanya, penyerbu bertahan diisi dengan pemain yang memiliki kemampuan satu-lawan-satu (one-on-one) terbaik di tim.[3] Posisi ini harus bermain agresif dan kuat, mampu membawa (dribble) bola dengan lincah, dan mencetak skor dengan baik.[2] Dalam mencetak skor, penyerbu bertahan biasanya mahir dalam menembak dari luar garis tiga angka (perimeter) maupun dari bagian dalam ring dengan berbagai variasi permainan.[2] Seorang penyerbu bertahan akan menolong dan mengambil peran point guard yang berada dalam tekanan pertahanan lawan.[3]

Dalam keadaan bertahan, penyerbu bertahan harus mampu menjaga lawan yang bermain pada posisi 2 atau 3, baik lawannya memiliki postur tubuh lebih tinggi atau lebih pendek.[1] Selain membutuhkan stamina yang kuat dan kecepatan yang tinggi, bermain sebagai penyerbu bertahan juga dituntut melakukan rebound, terutama saat berada dalam posisi bertahan.[4] Beberapa penyerbu bertahan terbaik NBA yang adalah Julius Erving, Larry Bird, Vince Carter, Grant Hill,dan LeBron James .[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Ihoops.com Diarsipkan 2011-08-30 di Wayback Machine. The Ultimate Guide to Playing Small Forward. Diakses pada 17 Juli 2011.
  2. ^ a b c d Richard Phelps, John Walters, Tim Bourret. 1999. Basketball for Dummies. Publisher For Dummies.
  3. ^ a b Ihoops.com Diarsipkan 2011-11-19 di Wayback Machine. Paul Tayyar. The Small Forward's Responsibilities. Diakses pada 17 Juli 2011.
  4. ^ Morgan Wootten, Dave Gilbert. 2003. Coaching Basketball Successfully 2nd Edition (Coaching Successfully Series). Human Kinetics Publisher. Page 65.
Posisi bola basket
Penjaga Basketball half-court 1. Penjaga utama Penjaga gabungan (PG/SG)
2. Penjaga penyerang Pemain sayap (SG/SF, SG/PF)
Penyerbu 3. Penyerbu bertahan Pemain sudut (SF/PF)
4. Penyerbu kuasa Penyerbu utama (PG/SF, PG/PF)
Pemain tengah 5. Pemain tengah Penengah serbu (SF/C, PF/C)
Lapangan depan (PF/C/SF)
Kapten | Pelatih kepala | Wasit dan petugas