Penjaga Pantai Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penjaga Pantai Jepang
海上保安庁
Kaijō Hoan-chō
Tanda S
Panji Penjaga Pantai Jepang
SingkatanJCG
Motto正義仁愛
Kebajikan Yang Benar
Ikhtisar
Dibentuk1948; 76 tahun lalu (1948) (sebagai Badan Keselamatan Maritim)
April 2000; 24 tahun lalu (2000-04) (sebagai Penjaga Pantai Jepang)
Personel13,744[1]
Anggaran210,601,000,000 yen[1]
Struktur yurisdiksi
Lembaga nasionalJepang
Wilayah hukumJepang
Yurisdiksi hukumPenegakan hukum maritim di Jepang ZEE
Lembaga pemerintahKementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata
Markas besarTokyo, Jepang

Pejabat eksekutif
Anak lembaga
Fasilitas
Wilayah Bernomor11
Kapal379
Pesawat Sayap Tetap25
Pesawat Sayap Putar46
Situs web
Official Site (dalam bahasa Jepang)
Official Site (dalam bahasa Inggris)

Penjaga Pantai Jepang (海上保安庁, Kaijō Hoan-chō) bertanggung jawab atas perlindungan garis pantai Jepang di bawah pengawasan Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata. Terdiri dari sekitar 13.700 personel. Penjaga Pantai Jepang didirikan pada tahun 1948 sebagai Badan Keamanan Maritim dan menerima nama Inggrisnya saat ini pada tahun 2000.

Motto Penjaga Pantai Jepang adalah "Kebajikan yang Benar" (正義仁愛, Seigi Jin'ai).

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Operasi penjaga pantai dilakukan oleh Angkatan Laut Kekaisaran Jepang pada masa Kekaisaran Jepang, tetapi kemampuan menjaga keamanan maritim menurun secara signifikan setelah Jepang menyerah pada bulan Agustus 1945 dan mengakibatkan pembubaran Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Perdagangan maritim dan penyelundupan meningkat drastis, dan bahkan bajak laut pun mulai bermunculan. Konsultasi dilakukan antara pemerintah Jepang, yang ingin memulihkan kapasitas keamanan publiknya sesegera mungkin, dan negara-negara Sekutu yang ingin mempertahankan perlucutan senjata Jepang. Namun, pada tahun 1946, "Markas Besar Pengendalian Imigrasi Ilegal" didirikan di Kementerian Transportasi setelah kolera ditularkan ke Kyushu oleh penyelundup dari Semenanjung Korea. Hal ini mengakibatkan peningkatan infeksi parah.

Sementara itu, GHQ/SCAP juga mengakui kekurangan sistem keamanan maritim Jepang dan pada bulan Maret 1946 Kapten Frank M. Meals dari Penjaga Pantai Amerika Serikat (USCG) ditugaskan untuk mempertimbangkan situasi tersebut. Kapten Meals menyarankan pembentukan organisasi penjaga pantai yang komprehensif berdasarkan USCG. Menanggapi hal ini, Badan Keamanan Maritim (MSA) didirikan sebagai badan eksternal Kementerian Perhubungan pada tahun 1948. Nama Inggrisnya diubah menjadi Penjaga Pantai Jepang pada bulan April 2000. Pada tahun 1952 Badan Keamanan Pantai dibentuk dengan kapal dipasok oleh Amerika Serikat dan dipisahkan pada tahun 1954 sebagai Pasukan Bela Diri Maritim Jepang.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Japan Coast Guard Justice and Humanity" (PDF). Japan Coast Guard. Diakses tanggal January 3, 2024. 
  2. ^ "JCG Organization". kaiho.mlit.go.jp. Diakses tanggal 14 June 2021.