Pengorakan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pengorakan adalah proses mengeluarkan air dari perahu, kapal atau kendaraan permukaan air lainnya dengan menggunakan alat yang disebut korak.

Korak tangan[sunting | sunting sumber]

Korak tangan adalah alat yang digunakan untuk membuang air yang masuk ke dalam kendaraan secara manual. Dalam kasus paling sederhana, ini hanyalah sebuah wadah kecil yang dapat diisi dan kemudian dikosongkan. Perangkat semacam ini telah digunakan sejak awal. Ini masih digunakan pada perahu kecil dan rakit, meskipun ada pula yang dapat melalukan pengorakan-otomatis . Beberapa peraturan mensyaratkan salah satu atau kedua bentuk pengorakan. [1] [2]

Korak otomatis[sunting | sunting sumber]

Untuk beberapa jenis perahu modern dalam olah raga layar, korak tangan mungkin sudah ketinggalan zaman jika dilengkapi dengan korak kendiri, kadang juga disebut korak otomatis. Perahu pengorakan otomatis dibentuk sedemikian rupa sehingga akan terkuras seluruhnya jika diisi air; didukung oleh efek venturi dan pergerakan perahu, pompa ini berbeda dengan pompa lambung kapal bertenaga yang digunakan pada perahu pengorakan manual.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ISO 9650 Small craft, inflatable liferafts 2005(E) (pdf-file 244 KB) Diarsipkan 15 September 2012 di Wayback Machine.
  2. ^ ISAF (International Sailing Federation), liferafts