Bank daya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Pengisi baterai portabel)
Jump to navigation Jump to search
Powerbank sedang dicolok

Bank daya (bahasa Inggris: power bank) adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memasukkan energi listrik ke dalam baterai yang bisa diisi ulang tanpa harus menghubungkan peranti tersebut pada outlet listrik. Pengisi baterai ini tergolong portabel karena berbeda dengan pengisi baterai yang harus dihubungkan pada outlet listrik. Bank daya memiliki daya tampung energi listrik sehingga ketika daya tersebut telah habis terpakai, energi listrik harus kembali diisi kembali dengan cara menghubungkan kabel dengan outlet listrik. bank daya ini tidak hanya bisa untuk mengisi ulang baterai ponsel, tetapi juga dapat mengisi ulang baterai pada perangkat lain seperti iPod, iPad, tablet, dan perangkat lainnya.

Cara menggunakan bank daya adalah dengan menghubungkan kabel konektor perangkat dengan bank daya. Kabel konektor yang menghubungkan perangkat dengan bank daya pada satu ujung kabel bank daya seperti penghubung USB yang dicolokkan pada bank daya dan ujung yang lain berbentuk sesuai dengan tempat pengisi perangkat yang disesuaikan.

Kapasitas daya[sunting | sunting sumber]

Kapasitas daya bank daya yang ada sangat bermacam-macam. Kapasitas daya bank daya ditunjukkan dengan satuan mAh. Dimulai dari 1000 mAh, 1500 mAh, 2700 mAh, 4000 mAh, 5200 mAh, 6000 mAh, 8000 mAh, 9000 mAh, 12000 mAh, bahkan ada yang hingga 18000 mAh. bank daya juga memiliki tegangan output. Tegangan output standar yang dimiliki oleh bank daya adalah 5 V. Namun sebagian besar bank daya yang ada memiliki tegangan output kurang dari 5 V. Ada cara yang digunakan untuk memperkirakan daya bank daya yang sesuai dengan daya perangkat yang dipunyai sehingga tidak terjadi kesalahan dalam memilih bank daya. Misal, bank daya memiliki kapasitas daya 5200 mAh dengan tegangan output 3,7V. Kapasitas efektif dari bank daya ini adalah: 5200 x (3,7/5) = 3848 mAh. Namun, dengan adanya kemungkinan bahwa bank daya akan kehilangan daya yang dipunyainya sebanyak 15% atau kehilangan daya sebesar 577,2 mAh, maka kapasitas efektif murni yang dimiliki oleh bank daya adalah: 3848 – 577,2 = 3270,8 mAh.

Cara kerja[sunting | sunting sumber]

Cara kerja bank daya tidak beda jauh dengan cara kerja baterai eksternal pada umumnya. bank daya harus diisi arus listrik terlebih dahulu dengan mencolokkan kabel dengan outlet listrik, kemudian barulah bank daya dapat digunakan. Untuk mengetahui apakah daya bank daya sudah habis atau belum bisa diketahui dengan lampu indikator yang ada pada bank daya. Lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi arus listrik pada pengisi bank daya bermacam-macam, tergantung kapasitas daya bank daya tersebut. Semakin besar daya bank daya, maka akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mengisi arus listrik bank daya. Sama seperti waktu yang dibutuhkan oleh bank daya, lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi suatu perangkat tergantung dari kapasitas daya yang dimiliki oleh suatu perangkat tersebut.

Sumber daring[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]