Penghemat layar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Penghemat layar interaktif Einstein@Home

Penghemat layar (atau hemat layar ) adalah program komputer yang mengosongkan tampilan layar atau mengisinya dengan gambar atau pola bergerak ketika komputer tidak digunakan selama waktu yang ditentukan. Tujuan awal dari penghemat layar adalah untuk mencegah pembakaran fosfor pada monitor komputer CRT atau plasma (sesuai dengan namanya). Meskipun sebagian besar monitor modern tidak rentan terhadap masalah ini (dengan pengecualian teknologi OLED, yang memiliki piksel individual yang rentan terbakar), program hemat layar masih digunakan untuk tujuan lain. Penghemat layar sering kali disiapkan untuk menawarkan lapisan keamanan dasar dengan mewajibkan kata sandi untuk mengakses kembali perangkat.[1] Beberapa program penghemat layar juga menggunakan sumber daya komputer yang menganggur untuk melakukan pekerjaan yang berguna, seperti pemrosesan untuk proyek komputasi sukarela .[2]

Selain komputer, sistem operasi televisi modern, pemutar media, dan sistem hiburan digital lainnya mungkin menyertakan penghemat layar opsional.

Tujuan[sunting | sunting sumber]

Perlindungan layar[sunting | sunting sumber]

Sebelum munculnya layar LCD, sebagian besar layar komputer didasarkan pada tabung sinar katoda (CRT). Ketika gambar yang sama ditampilkan pada layar CRT untuk jangka waktu yang lama, properti dari area terbuka lapisan fosfor di bagian dalam layar berubah secara bertahap dan permanen, yang pada akhirnya menyebabkan bayangan gelap atau gambar "hantu" pada layar. disebut layar terbakar . Televisi sinar katoda, osiloskop, dan perangkat lain yang menggunakan CRT semuanya rentan terhadap pembakaran fosfor, begitu pula layar plasma sampai batas tertentu.[3]

Program hemat layar dirancang untuk membantu menghindari efek ini dengan secara otomatis mengubah gambar pada layar selama periode tidak aktifnya pengguna.

Untuk CRT yang digunakan di tempat umum, seperti ATM dan mesin tiket kereta api, risiko terbakar sangat tinggi karena tampilan tetap ditampilkan setiap kali mesin tidak digunakan. Mesin lama yang dirancang tanpa mempertimbangkan masalah panas berlebih sering kali menampilkan bukti kerusakan layar, dengan gambar atau teks seperti "Silakan masukkan kartu Anda" (dalam kasus ATM) terlihat bahkan ketika tampilan berubah saat mesin sedang digunakan. Mengosongkan layar tidak mungkin dilakukan karena mesin tampaknya tidak dapat digunakan. Dalam aplikasi ini, panas berlebih dapat dicegah dengan menggeser posisi konten tampilan setiap beberapa detik, atau dengan mengubah sejumlah gambar berbeda secara berkala.

CRT yang lebih baru jauh lebih rentan terhadap panas-berlebih dibandingkan model lama karena perbaikan pada lapisan fosfor, dan karena gambar komputer modern umumnya memiliki kontras yang lebih rendah dibandingkan teks dan grafik berwarna hijau atau putih-hitam pada mesin sebelumnya. Monitor komputer LCD, termasuk panel layar yang digunakan pada komputer laptop, tidak mudah terbakar karena gambarnya tidak dihasilkan secara langsung oleh fosfor (walaupun monitor tersebut dapat mengalami bentuk persistensi gambar yang tidak terlalu ekstrem dan biasanya tidak permanen).

Penggunaan modern[sunting | sunting sumber]

Meskipun layar modern tidak rentan terhadap masalah yang dibahas di atas, hemat layar masih digunakan. Terutama ini untuk tujuan dekoratif/hiburan, atau untuk perlindungan kata sandi. Mereka biasanya menampilkan gambar atau pola bergerak dan terkadang efek suara.

Karena penghemat layar umumnya diharapkan untuk aktif ketika pengguna jauh dari mesin mereka, banyak penghemat layar yang dapat dikonfigurasi untuk meminta kata sandi kepada pengguna sebelum mengizinkan pengguna untuk melanjutkan pekerjaan. Ini adalah tindakan keamanan dasar terhadap orang lain yang mengakses mesin saat pengguna tidak ada.

Beberapa penghemat layar mengaktifkan tugas latar belakang yang berguna, seperti pemindaian virus atau aplikasi komputasi sukarela (seperti proyek SETI@home ).[4] Hal ini memungkinkan aplikasi untuk menggunakan sumber daya hanya ketika komputer dalam keadaan idle. Efek panning dan zooming Ken Burns terkadang digunakan untuk menghidupkan gambar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "OKthePK - Screensaver". www.okthepk.ca. Diakses tanggal 2022-09-18. 
  2. ^ Einstein@Home Screensaver | Multi-Directional 2.07 (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2022-09-18 
  3. ^ Phillips, Gavin (2020-01-24). "How to Fix Screen Burn-In on TVs: Plasma, LCD, and OLED". MUO (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-18. 
  4. ^ SETI@home screensaver | Enhanced 5.27 (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2022-09-18