Penghargaan Dewan Perdamaian Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Dewan Perdamaian Dunia (World Peace Council, WPC), sebuah organisasi non-pemerintahan anti-imperialis, telah menganugerahi sejumlah penghargaan, yang bermula pada 1950.[1] Penghargaan tersebut dianugerahi kepada individual-individual, organisasi-organisasi, tokoh-tokoh, dan tempat-tempat. Biasanya, beberapa pemenang akan diangkat pada salah satu kongres WPC; para pemenang tersebut, atau perwakilan mereka, akan meraih penghargaan mereka di sebuah kongres berikutnya, atau dari seorang delegasi WPC. Penghargaan tambahan dianugerahi pada 1959 dan 1964, untuk menandai peringatan ke-10 dan ke-15 WPC.[1]

Penghargaan tersebut meliputi:

  • Penghargaan Perdamaian Internasional didirikan di Kongres Perdamaian Dunia pertama yang diadakan pada April 1949, di Paris.[1] Regulasi asli tahun 1949 mentujukan penghargaan untuk bidang seni rupa, kesusastraan, film, atau karya industrial yang memajukan sebab perdamaian di antara bangsa-bangsa.[2] Pada 1951, WPC merekategorikan tiga penghargaan berbeda:[1]
    • Penghargaan Perdamaian Internasional, terakhir kali dianugerahi pada 1957.[2]
    • Penghargaan Perdamaian Internasional Kehormatan, untuk penghargaan anumerta.
    • Medali Perdamaian, pada 1959 diganti namanya menjadi Medali Perdamaian Joliot-Curie,[2] dalam menghormati Frédéric Joliot-Curie, yang memimpin WPC sampai ia wafat pada 1958. Medali tersebut dinaugerahi dalam wujud perak, namun penghargaan WPC tertinggi berwujud medali emas.
  • Penghargaan Ho Chi Minh, sebuah penghargaan pemimpin yang didirikan dalam menghormati Ho Chi Minh (tak sama dengan Penghargaan Ho Chi Minh yang dianugerahi oleh pemerintah Vietnam).
  • Penghargaan Amilcar Cabral, didirikan pada 1973 dalam menghormati Amílcar Cabral, atas jasa-jasanya pada "perjuangan melawan imperialisme dan kolonialisme".[3][4] (pemerintah Tanjung Verde dan Guinea-Bissau juga menganugerahi penghargaan Amilcar Cabral.)

WPC didominasi oleh Uni Soviet pada Perang Dingin. Beberapa pemenang penghargaannya juga memenangkan Penghargaan Perdamaian Lenin, sebuah penghargaan terpisah yang dianugerahi oleh sebuah panel yang ditunjuk oleh pemerintah Soviet.

Pada 2002, WPC menyangkal laporan berita bahwa mereka telah memberikan sebuah penghargaan kepada Meles Zenawi.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d Vassiliev, D. I. (1965). "Международные премии Мира". Soviet Historical Encyclopedia (dalam bahasa Russian). Diakses tanggal 21 July 2010. 
  2. ^ a b c A.M. Prokhorov (ed.). "Международные премии Мира". Great Soviet Encyclopedia (dalam bahasa Russian). Diakses tanggal 21 July 2010. 
  3. ^ Irele, F. Abiola; Jeyifo, Biodun; Hall, Michael R. (2010). "Amilcar Cabral". The Oxford Encyclopedia of African Thought. Oxford University Press US. hlm. 202. ISBN 978-0-19-533473-9. Diakses tanggal 20 July 2010. 
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama CODESRIA
  5. ^ "Ethiopia: Peace Council Says No Award Has Been Given". AllAfrica.com. 23 July 2002. Diakses tanggal 22 July 2010.