Penghantar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penghantar
Penghantar2.jpg
Karier musik
AsalBanjarmasin, Indonesia
Genre
Tahun aktif2017 - sekarang
Anggota
Situs web-


Penghantar adalah sebuah band Ambient-Pop asal Banjarmasin - Indonesia, yang terbentuk pada tahun 2017 yang beranggotakan Retina (Vokal), Ahsan (Vokal, Gitar), Doni (Gitar) dan Irfan (Bass). Penghantar merilis single debut mereka yang berjudul I Don't Think So pada tahun 2020.

Pembentukan[sunting | sunting sumber]

Grup musik asal Kota Banjarmasin, Penghantar, muncul kembali ke permukaan dengan format berbeda. Hal ini terasa lantaran kini mereka hadir mengusung genre ambient pop, jika sebelumnya dikenal dengan sajian musik bernuansa folk.[1]

Pada tahun 2017 Ahsan dan Doni secara konsisten mengeksplorasi rasa musik mereka masing-masing dari awal terbentuknya band ini. Lalu pada tahun 2020 mereka berdua merombak struktur dan genre band ini. Retina dan Irfan baru bergabung di tahun 2020 saat band ini melakukan debut secara resmi dan merilis single pertama mereka di platform digital. Dengan harapan dapat membawa warna baru di skena musik Banjarmasin.

I Don't Think So menjadi debut single pertama Penghantar pada Juli 2020. Lagu yang catchy ini, menceritakan tentang pesimis seseorang akan perasaannya kepada orang lain. Lagu ini nantinya akan membawa cerita tentang pandangan dalam  sebuah pertemuan, yang berujung pada rasa ketidak percayaan diri dan imajinasi yang liar. Bersudut pandang yang berbeda dalam mewakili kedua belah pihak dalam perasaan yang sama, dari pertemuan yang membekas di memori.[2]

Sedangkan single kedua, Terkadang mewakili tingkat hubungan interpersonal dalam fase kekasih. Bercerita tentang pasangan yang sudah memiliki banyak momentum dalam hubungan mereka dan tetap memilih untuk bertahan, tetap bersama dan saling mengingatkan apapun yang terjadi.

Setelah merilis 2 single, Penghantar akhirnya merilis single ke-3 nya yang berjudul The Same Strangers pada Januari 2022. Layaknya situasi yang barangkali banyak orang alami, terkadang hubungan antar teman bisa jadi sangat sulit dipahami, terlebih jika keduanya memiliki perasaan yang berbeda atau lebih dari sekadar perasaan sebuah pertemanan. Tak jarang perasaan-perasaan itu mengantarkan hubungan yang sudah dibangun menjadi retak dan bahkan berujung tak saling mengenal lagi. [3] Lagu ini mewakili tingkat hubungan antarpribadi pada fase pertemanan. Lagu ini menceritakan tentang dua sahabat yang sangat menikmati persahabatan mereka. Seiring berjalannya waktu, perasaan yang berbeda tumbuh dan keduanya memilih untuk membuang perasaan tersebut dan keduanya sama-sama kembali menjadi orang asing yang tidak saling mengenal.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Single[sunting | sunting sumber]

Judul Tahun
I Don't Think So 2020
Terkadang
The Same Strangers 2022

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Luncurkan Karya Debut, Penghantar Optimistis Dengan 'Jalur' Ambient Pop". Banjar Times. 28 Juli 2020. Diakses tanggal 28 Juli 2020. 
  2. ^ "PENGHANTAR : SUDUT PANDANG BERBEDA DALAM RASA YANG SAMA". Bilik Bersenyawa. 31 Juli 2020. Diakses tanggal 31 Juli 2020. [pranala nonaktif permanen]
  3. ^ Lukmana, Dicki (4 Maret 2022). "Penghantar, Karakter Indie Pop dari Banjarmasin". Siasat Partikelir. Diakses tanggal 4 Maret 2022. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]