Penggogosan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Penggogosan atau Sufusi (bahasa Inggris: Suffosion) adalah salah satu dari dua proses geologi yang membentuk lubang langgah atau dolina, sementara yang lainnya disebabkan oleh runtuhnya gua atau rongga di bawah tanah,[1] dan sebagian besar lubang langgah terbentuk karena proses penggogosan.[2] Lubang langgah sufusi biasanya dikaitkan dengan topografi karst meskipun dapat terbentuk pada jenis batuan lain termasuk kapur, gipsum, dan basal.

Formasi lubang langgah akibat penggogosan

Proses[sunting | sunting sumber]

Penggogosan terjadi ketika tanah gembur, loess, atau material non-kohesif lainnya berada di atas substratum batu kapur yang mengandung celah dan sambungan. Hujan dan air dari permukaan secara bertahap membawa material melalui celah-celah tersebut dan masuk ke dalam gua-gua di bawahnya.[2] Seiring waktu, hal tersebut menciptakan lekukan pada lanskap dengan kedalaman yang bervariasi.

Jenis[sunting | sunting sumber]

Penggogosan adalah proses destruktif yang menciptakan ketidakstabilan yang menyebabkan runtuhnya struktur tanah, yang ditandai dengan hilangnya massa dan kontraksi volumetrik. Dalam penggogosan, partikel yang lebih kasar kehilangan kontak titik-ke-titik. Hal ini berbeda dengan penggogosan, yang bersifat non-destruktif dan ditandai dengan kehilangan massa tanpa perubahan volume. Dalam sufusi, partikel yang lebih kasar tetap berada dalam kontak titik ke titik dan partikel yang lebih halus dilepaskan melalui celah di antara keduanya.[3][4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Waltham, T.; Bell, T.; Culshaw, M. (2005). Sinkholes and Subsidence. Berlin: Springer. ISBN 978-3540207252. 
  2. ^ a b "Dolines and sinkholes". British Geological Survey. Diakses tanggal February 21, 2011. 
  3. ^ Fannin, R. J.; Slangen, P. (2014). "On the Distinct Phenomena of Suffusion and Suffosion". Géotechnique Letters. 4 (4): 289–294. doi:10.1680/geolett.14.00051. 
  4. ^ Guyer, J. Paul (2022). An Introduction to Seepage Failure Modes in Embankment Dams for Professional Engineers. Author. hlm. 17. ISBN 979-8830928250. 

Templat:Gua