Penggerak nirlembam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Pemacu nirlembam (Inggris: inertialess drive) adalah sarana fiktif yang berakselerasi hingga mendekati kecepatan cahaya atau perjalanan lebih cepat dari cahaya, awalnya digunakan dalam seri Triplanetary dan Lensman oleh EE "Doc" Smith, dan kemudian oleh Robert A. Heinlein, Arthur C. Clarke, Larry Niven, Julian May dan Alastair Reynolds.

Penampilan dalam fiksi[sunting | sunting sumber]

Alam Semesta Triplanet[sunting | sunting sumber]

Kemungkinan perjalanan lembam pertama kali dikemukakan dalam Kimia Teoritis dan Fisika, [1] yang diterbitkan pada tahun 1912 [2] oleh ahli kimia Tellurian Samuel Lawrence Bigelow, alumnus Harvard .[3] Penggerak pertama yang lebih cepat dari cahaya [4], yang hanya mencapai netralisasi sebagian kelembaman, [5] dikembangkan di planet Nevia . Segera setelah itu, dua ilmuwan Tellurian, Lyman Cleveland dan Frederick Rodebush mengembangkan penggerak Rodebush-Cleveland yang seratus persen nirlembam, yang bergerak (dan melambat) jauh lebih cepat. [6] (Berbeda dengan catatan di versi selanjutnya, tidak ada kelemahan kritis pada dorongan ini, dan tidak ada kontribusi dari ilmuwan mana pun bernama Bergenholm atau Arisian .)

Efek fisiologis[sunting | sunting sumber]

  • Penggerak Nevian yang lebih cepat dari cahaya tampaknya tidak memiliki efek fisiologis yang nyata bahkan bagi pengamat terlatih seperti Conway Costigan .[7] Namun, ada penjelasan alternatif yang mungkin dilakukan. Tidak disebutkan tentang pengawalembaman hingga angsuran ketiga; [8] fisika dalam dua bagian pertama tampaknya konsisten dengan alam semesta Skylark, di mana perjalanan yang lebih cepat dari cahaya dimungkinkan bahkan tanpa pengawalembaman sebagian. Jadi ada kemungkinan bahwa Dr. Smith tidak menemukan penggerak nirlembam sampai menulis bagian ketiga.
  • Sebaliknya, dorongan Rodebush-Cleveland menyebabkan “sensasi yang mirip dengan vertigo yang sangat parah” yang benar-benar melumpuhkan sampai “kekuatan kemauan yang tak tergoyahkan” dari Cleveland mengatasinya.

Alam Semesta Lensman[sunting | sunting sumber]

Peradaban Galaksi berkembang dalam jangka waktu yang lama hanya dengan menggunakan penggerak semilembam, yang mungkin mirip dengan penggerak nirlembam sebagian Nevian yang dibahas di atas. Durasi pastinya tidak diketahui, namun bahkan hingga Survei Galaksi Ketiga, masih “butuh waktu bertahun-tahun untuk melintasi galaksi”.[9] Karena bagian penting dari teknologi lembam dikenal sebagai penggerak ruang angkasa Bergenholm, sepertinya seorang insinyur dengan nama tersebut bertanggung jawab atas kemajuan penting ini, namun hanya sedikit yang diketahui secara pasti. Bergenholm disebut sebagai "almarhum Dr. Bergenholm sendiri" dalam versi aslinya, [10] yang menunjukkan bahwa dia adalah sosok yang lebih baru daripada versi ret-con, di bawah.

Efek fisiologis[sunting | sunting sumber]

  • Dorongan yang sepenuhnya nirlembam dalam Patroli Galaksi, bahkan bagi Worsel, yang belum pernah mengalaminya sebelumnya, tampaknya tidak memiliki dampak buruk yang berarti.[11]

Alam Semesta Ret-con Triplanet / Lensman[sunting | sunting sumber]

Dalam versi buku yang direvisi dari novel Triplanetary dan novel inti Lensman, penggerak nirlembam sebagian diberikan oleh Arisia kepada Nevia, dan penggerak nirlembam penuh pada awalnya dikembangkan oleh ilmuwan Rodebush dan Cleveland, namun penggerak awal dianggap sebagai "manusia- pembunuh." Kemajuan dicapai ketika ilmuwan Triplanet Nels Bergenholm, yang diaktifkan oleh Arisian Drounli, menghasilkan "firasat" yang memecahkan masalah pentahapan penggerak Rodebush-Cleveland yang asli. Hal ini membuat perjalanan tersebut aman dan praktis secara komersial, dan sebagai pengakuan atas pencapaiannya, perjalanan tersebut kemudian disebut Bergenholm.[12]

Alam semesta penulis lain[sunting | sunting sumber]

Ketidakberdayaan, meskipun bukan untuk perjalanan yang lebih cepat dari cahaya, dibahas dalam Methuselah's Children karya Robert A. Heinlein, cerita pendek The Billiard Ball karya Isaac Asimov, alam semesta Known Space karya Larry Niven, Speaker for the Orson Scott Card untuk Dead, 3001: The Final Odyssey karya Arthur C. Clarke, dan Redemption Ark karya Alastair Reynolds

Penggerak nirlembam adalah sarana perjalanan FTL yang digunakan oleh kapal perang Necron di alam semesta Warhammer 40.000 . Meskipun diasumsikan telah ditarik kembali keberadaannya oleh deskripsi kodeks edisi ke-5 tentang kapal obor subcahaya yang digunakan untuk kolonisasi Necron, Shield of Baal: Exterminatus yang kemudian mengkonfirmasi penggunaan berkelanjutan dari drive FTL nirlembam. Agaknya Necrons mengembangkan teknologi penggerak nirlembam beberapa waktu setelah gelombang kolonisasi awal mereka.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Epic of Space," page 84, in Of Worlds Beyond, 1947. Dr. Smith gives the title as Theoretical Chemistry–Fundamentals, and provides only a last name. Given the other errors in “The Epic of Space,” e.g., “Trweel” for “Tweel” on page 80, the misspelling of “Constantinescu” on page 84, and, arguably, E. E. Evan's analysis of Triplanetary on page 87, the error does not seem implausible.
  2. ^ AIP Niels Bohr Library
  3. ^ Harrison Genealogy
  4. ^ Triplanetary, Amazing February 1934, p. 84.
  5. ^ Amazing March 1934, p. 33.
  6. ^ Amazing March 1934, p. 28.
  7. ^ Amazing February 1934 p. 84.
  8. ^ Amazing March 1934, p. 28.
  9. ^ Galactic Patrol, Astounding September 1937, p. 34.
  10. ^ Astounding November 1939, p. 40; omitted from p. 131 of the first edition.
  11. ^ Astounding October 1937, p. 62; book p. 51.
  12. ^ Triplanetary, by E.E. "Doc" Smith