Pengepungan Tarnovo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
vTarnovo
Bagian dari Peperangan Bulgaria-Utsmaniyah
TanggalApril - 17 Juli 1393
LokasiTarnovo, Bulgaria
Hasil Kemenangan besar Utsmaniyah
Pihak terlibat
Coat of Arms of the Bulgarian Empire.PNG Kekaisaran Bulgaria Kedua Fictitious Ottoman flag 1.svg Kesultanan Utsmaniyah
Tokoh dan pemimpin
Patriark Evtimiy Süleyman Çelebi

Pengepungan Tarnovo berlangsung pada musim semi tahun 1393 dan dimenangkan oleh Kesultanan Utsmaniyah. Akibatnya, ibu kota Kekaisaran Bulgaria Kedua jatuh ke tangan Utsmaniyah dan wilayah-wilayah Bulgaria yang tersisa hanyalah beberapa benteng di tepi Sungai Donau.

Sebab konflik[sunting | sunting sumber]

Sebagai ibu kota Bulgaria, kota Tarnovo pada saat itu dikenal akan harta karunnya dan juga perbentengan alami dan buatannya. Maka dari itu, Kesultanan Utsmaniyah menyerang kota ini terlebih dahulu.

Pertempuran[sunting | sunting sumber]

Pada musim semi tahun 1393, Sultan Bayazid I mengumpulkan pasukannya dari Asia Kecil, menyeberangi Helespont, dan bergabung dengan pasukan baratnya (kemungkinan mencakup juga pemimpin-pemimpin Kristen dari Makedonia). Ia menyerahkan komando kepada anaknya, Celebi, dan memberinya perintah untuk menyerang Tarnovo. Kota tersebut dikepung dari segala sisi, dan pasukan Turki mengancam akan membakar kota tersebut apabila mereka tidak menyerah.

Penduduk Tarnovo melawan, tetapi pada akhirnya menyerah pada tanggal 17 Juli 1393 setelah dikepung selama tiga bulan. Gereja "Kebangkitan Kristus" dialihfungsikan menjadi masjid. Istana Tsar di Tsarevets dibakar, tetapi beberapa bagian tembok dan menara Tsarevets masih dibiarkan berdiri hingga abad ke-17.

Akibat[sunting | sunting sumber]

Banyak penduduk Tarnovo yang dibuang ke Asia Kecil dan nasib mereka tidak diketahui. Patriark Bulgaria diasingkan di Trakia dan meninggal di tempat tersebut. Belakangan ia diangkat sebagai santo. Sementara itu, warga Tarnovo yang masih tersisa menyaksikan kehancuran kota mereka.

Jatuhnya Tarnovo dan pengasingan Sang Patriark mengakibatkan kehancuran gereja nasional Bulgaria. Kekalahan Bulgaria dalam pertempuran ini juga menyebabkan kejatuhan Kekaisaran Bulgaria Kedua.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Jireček, K. J. (1876). Geschichte der Bulgaren (dalam bahasa German). Nachdr. d. Ausg. Prag 1876, Hildesheim, New York : Olms 1977. ISBN 3-487-06408-1. 
  • Tsamblak, Grigory. Hagiography of Patriarch Evtimiy Tarnovski. Glasnik 31(1371), pp. 248–292

Koordinat: 43°05′N 25°39′E / 43.083°N 25.650°E / 43.083; 25.650